Uncategorized

X-Camp, Laboratorium IoT Milik XL Axiata Paling Lengkap di Indonesia

X-Camp, Laboratorium IoT Milik XL Axiata Paling Lengkap di Indonesia

Gadget Empire – Hari ini, PT XL Axiata Tbk telah resmikan Laboratorium yang ditujukan untuk pengembangan ekosistem Internet of Things (IoT) yang bernama X-Camp. Dengan dihadirkannya Laboratorium ini diharapkan perkembangan teknologi di Indonesia bisa lebih maju di masa mendatang, khususnya dari sisi nilai ekonomi. X-Camp ini nantinya bakal menjadi tempat berkumpul seluruh pemangku kepentingan bersama mengembangkan ekosistem IoT yang cukup menjajikan di Indonesia, mulai dari ide hingga terhadap implementasi bisnisnya.

XL Axiata sebagai salah satu operator telekomunikasi Indonesia telah menilai kalau X-Camp merupakan salah satu bentuk komitmen untuk membangun Negeri, khususnya dalam bidang digital. “IoT adalah solusi digital yang punya potensi besar untuk membantu aktivitas pribadi dan industri. Dibutuhkan kerja sama banyak pihak untuk mengembangkan IoT, dan kami salah satunya.”  Seperti itulah yang diungkap oleh Dian Siswarini selaku menjabat sebagai Presiden Direktur XL Axiata ketika dalam peluncuran X-Camp di Jakarta, Selasa (13 November 2018).

Perlu diketahui bahwa X-Camp ini bukan hasil kerja keras dari PT XL Axiata sendiri melainkan kerjasama yang melibatkan banyak pihak, termasuk diantaranya Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian Perindustrian, sejumlah Universitas, dan juga perusahaan-perusahaan teknologi besar seperti Huawei, Nokia, Cisco, Qualcomm dan juga Google. Dari total keseluruhan, ada 37 pihak yang tergabung dalam proyek ini. Dalam keterangan lanjutannya, Dian mengungkap kalau “Untuk memperluas implementasi IoT, XL membangun laboratorium ini dengan harapan bisa menjadi salah satu terdepan yang pro aktif terhadap ide dan merealisasikannya menjadi jadi produk dan solusi IT. Agar ekosistem ini bagus, harus banyak pemain agar bisnisnya bisa lebih lancar. Untuk IoT Lab ini kami ajak berbagai macam pihak, termasuk universitas, developer, investor, enterprise dan produsen perangkat.”

Kerjasama yang berasal dari berbagai pihak ini nantinya akan berperan penting untuk perkembangan IoT khususnya di wilayah Indonesia. Dan pihak XL sendiri juga sudah menaruh keyakinannya kalau IoT ini nantinya mampu memberikan porsi cukup besar untuk bisnis dari berbagai perusahaan di masa mendatang. Dan X-Camp ini merupakan laboratorium IoT paling lengkap yang dimiliki oleh perusahaan telekomunikasi di Indonesia. Selain itu, Lab ini juga menjadi satu-satunya tempat riset IoT yang tergabung di GSMA Lab Alliance yang ada di Kawasan Asia Tenggara sehingga kualitasnya bisa terjamin.

X Comp XL Axiata

Sumber Image Hallo Riau

X-Camp nantinya juga bakal aktif untuk mengembangkan potensi dari sumber daya lokal, diantaranya termasuk kalangan perguruan tinggi. Beberapa kampus yang sudah menjalin kerjasama yakni Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, Universitas Brawijaya Malang, Politeknik Negeri Semarang, dan Politeknik Elektronika Negeri Surabaya. Sedangkan untuk beberapa kampus lainnya bakal menyusul untuk bergabung dalam program X-Camp Lab Alliance.

Laboratorium IoT milik XL Axiata ini bertempatkan di Kawasan Kuningan, Jakarta Selatan. Disini para developer dan Startup dapa mengembangkan berbagai macam ide kreatifnya untuk menciptakan produk dan solusi IoT baru. Banyak ruangan di dalamnya, termasuk Co-Working Space dan penyewaan hardware yang bisa digunakan oleh para developer. Akan tetapi untuk menyewa ruangan atau hardware ini nantinya harus dilakukan melalui aplikasi X-Camp terlebih dahulu.

Tidak hanya memiliki platform pembuatan saja, melainkan juga ada platform pendukung pengembangan IoT yang termasuk Felxiot (Platform pengembangan aplikasi IoT). Laboratorium ini juga mengadakan pelatihan yang ada kaitannya dengan teknologi IoT agar SDM di Tanah Air bisa meningkat. Dan untuk kegiatan ajar mengajar ini berada di bawah naungan IoT Academy. Dan untuk Lab X-Camp ini nantinya akan mulai efektif beroperasi pada pertengahan November 2018 nanti.

Video Pilihan Gadget Empire Indonesia:

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Uncategorized

More in Uncategorized

Wizphone Google Assistant

Google Akan Jual Ponsel Pintar Rp 99 Ribuan Ini di Alfamart

Budi SulistyantoDecember 4, 2018
Smartfren

Sejumlah Operator Indonesia Mulai Rambah Jaringan 5G, Smartfren Masih Santai?

Budi SulistyantoNovember 29, 2018
Spotify Premium 5 ribu

Langganan Spotify Premium 3 Bulan Hanya Rp 5 Ribu, Mau?

Budi SulistyantoNovember 20, 2018
Bolt

Izin Frekuensi Bolt Dicabut, Nasib Pelanggan Bergantung Pada Operator Lain?

Budi SulistyantoNovember 19, 2018
Bolt Resmi Diblokir

Kemkominfo Resmi Cabut Izin Bolt, First Media dan Perusahaan Ini

Budi SulistyantoNovember 18, 2018
Indosat

Jaringan Indosat Jadi Tidak Stabil, Ternyata Ini Masalahnya

Budi SulistyantoNovember 16, 2018
Menkominfo

First Media dan Kominfo Jalani Sidang Pertama, Bagaimana Hasilnya?

Budi SulistyantoNovember 15, 2018
Indosat Ooredoo

Masuk Dalam Bisnis Digital Lagi, Indosat Ooredoo Yakin Bisa Lebih Sukses

Budi SulistyantoNovember 14, 2018
BOLT Firstmedia

Menkominfo Siap Cabut Izin BOLT dan Firstmedia 4 Hari Lagi

Budi SulistyantoNovember 13, 2018

shop giay nuthoi trang f5Responsive WordPress Themenha cap 4 nong thongiay cao gotgiay nu 2015mau biet thu deptoc dephouse beautifulgiay the thao nugiay luoi nu