Smartphone

Waspada! Kemampuan Berpikir Manusia Bisa Menurun Hanya Karena Smartphone

Waspada! Kemampuan Berpikir Manusia Bisa Menurun Hanya Karena Smartphone

Gadget Empire – Smartphone merupakan perangkat elektronik yang sangat populer dan familiar di kalangan masyarakat karena memang fungsinya yang sangat banyak, tidak hanya bisa digunakan untuk berkomunikasi jarak jauh saja, perangkat Smartphone juga bisa mempermudah pekerjaan kita sehari-hari. Meskipun perangkat ini bisa dibilang sejuta kelebihan, namun perlu diketahui bahwa ada sisi negative dari Smartphone itu sendiri terhadap kesehatan tubuh manusia, dari hasil penelitian telah mengungkap kalau teknologi canggih ini bisa membuat daya pikir kita menjadi buruk.

Sebagaimana informasi yang telah disampaikan oleh Dream, sekolah bisnis McComb di Universitas Texas, Austin telah membuat kajian terkait dampak smartphone terhadap daya pikir manusia. Adrian Ward yang merupakan seorang peneliti telah melakukan penelitian terhadap 800 peserta terkait dampak ponsel terhadap daya pikir dengan meminta peserta mengerjakan tugas menggunakan ponsel yang berada di dekatnya dan ada juga yang mengerjakannya tanpa adanya gangguan perangkat smartphone.

Alhasil, peserta yang mengerjakan tugas tanpa adanya smartphone di dekatnya bisa menyelesaikan tugas lebih baik jika dibandingkan peserta yang mengerjakannya dengan membawa smartphone. Mengapa demikian? Ya, karena mereka terganggu oleh notifikasi smartphone miliknya. Peneliti telah mengatakan kalau “Mereka (yang membawa smartphone) terganggu dengan notifikasi di ponsel mereka. Kehadiran smartphone saja sudah cukup mengurangi kapasitas kognitif mereka,” katanya.

Sumber jooinn

Selain itu, Ward juga menambahkan bahwa dengan adanya notifikasi yang muncul pada smartphone mampu merusak konsentrasi manusia, termasuk lampu layar yang tengah berkedip saat ada pemberitahuan atau getaran dan notifikasi yang masuk. Dan saat itulah, ketika smartphone terlihat kapasitas kognitif yang tersedia akan berkurang. “Ketika smartphone terlihat, kapasitas kognitif yang tersedia, berkurang. Pikiran sadar kamu tidak membuatmu berpikir tentang gawai, tapi prosesnya membuatmu tak memikirkan gawai, justru menguras otak,” tambah Ward.

Dengan demikian, saat kita sudah mengetahui dampak dari smartphone, sebaiknya kita menyingkirkan ponsel kita sementara saat melakukan pekerjaan yang membutuhkan konsentrasi lebih, agar kita lebih fokus dalam bekerja, atau mungkin kita bisa menyimpan barang tersebut di laci meja atau mungkin di tempat lain yang tidak bisa dijangkau oleh pandangan mata kita dengan mudah agar tidak terganggu oleh notifikasi yang masuk.

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Smartphone

More in Smartphone

Huawei Mate 20 Series

Huawei Bakal Rilis Smartphone 4 Kamera Belakang Berkualitas Tinggi

Budi SulistyantoNovember 14, 2018
Samsung Galaxy J4 Core

Smartphone Android Go Kedua Samsung, Galaxy J4 Core Resmi Dirilis

Budi SulistyantoNovember 12, 2018
iPhone X and MacBook Pro

Bermasalah, Apple Gratiskan Service iPhone X dan MacBook Pro

Budi SulistyantoNovember 12, 2018
IOUTDOOR X

Hanya Rp 3 Jutaan, Smartphone Outdoor Ini Miliki Body Tipis dan Memori 6GB/128GB

Budi SulistyantoOctober 16, 2018

Siap Dijual Mulai Besok, Mampukah Realme 2 di Indonesia Lebih Sukses Ketimbang India?

Budi SulistyantoOctober 15, 2018

Harga 6 Smartphone Infinix Ini Turun Hingga Rp 700 Ribu, Berikut Harganya Sekarang

Budi SulistyantoOctober 15, 2018

Meizu Rilis 2 Smartphone Murah dan 1 Flagship, Berikut Harga dan Spesifikasinya!

Budi SulistyantoOctober 15, 2018
Huawei Mate 20 Camera

Terungkap, Harga Huawei Mate 20 Setara iPhone XS Series?

Budi SulistyantoOctober 14, 2018

Samsung Ungkap Ciri Smartphone Layar Lipat Perdananya

Budi SulistyantoOctober 14, 2018

shop giay nuthoi trang f5Responsive WordPress Themenha cap 4 nong thongiay cao gotgiay nu 2015mau biet thu deptoc dephouse beautifulgiay the thao nugiay luoi nu