Computer

Trik Membersihkan Keyboard Laptop Maupun Komputer

Trik Membersihkan Keyboard Laptop Maupun Komputer

Gadget Empire – Pernah nggak sih kalian mengalami keyboard Komputer mendadak tidak berfungsi? Jika iya, tentunya hal ini akan membuat kita merasa jengkel bukan. Terlebih jika kita sedang mengerjakan tugas kuliah atau pekerjaan yang hampir masuk tenggat waktu (deadline). Menjadi salah satu komponen penting, ada saatnya keyboard tersebut tiba-tiba tidak berfungsi dengan maksimal, hal ini bisa saja disebabkan karena kotoran dan debu.

Bagi kalian yang sedang mengalami masalah sedemikian rupa, sebaiknya simak coba terapkan langkah-langkah berikut ini. Namun perlu dicatat sebelum kalian mulai membersihkan keyboard, sebaiknya cabut terlebih dahulu kabel keyboard yang tersambung ke computer atau laptop. Atau matikan dahulu power-nya jika keyboard tersebut menggunakan koneksi wireless.

  1. Debu

Masalah yang sering membuat keyboard tak berfungsi dengan maksimal adalah debu. Untuk mengatasinya, kalian bisa membersihkannya menggunakan sebuah sikat atau sikat gigi yang lembut. Sedangkan untuk keyboard di laptop, sebaiknya kalian gunakan mini vacum cleaner biar tidak terlalu merusak komponen laptop. Selain itu, jika debu membandel, maka gunakan sikat yang lebih keras untuk membersihkannya.

  1. Kuman

Saking seringnya digunakan, bisa saja keyboard kalian menjadi tempat berkembang biaknya kuman. Untuk mengatasinya, disarankan untuk tidak menggunakan produk desinfektan yang mengandung elemen etil untuk membersihkannya, lebih baik menggunakan alkohol yang memiliki kandungan isopropyl. Hal ini dikarenakan elemen etil bisa mengikis huruf-huruf di keyboard.

Keyboard Laptop

Sumber Image Merdeka

Untuk batas aman alkohol yang disarankan untuk membersihkan keyboard adalah 60 persen atau lebih. Kalian bisa menggunakan cutton bud atau kain yang sudah dibasahi dengan larutan pembersih. Kemudian gosokkan ke permukaan tombol keyboard secara merata untuk bagian atas dan untuk sisi-sisinya gunakan cutton bud untuk membersihkannya.

  1. Tumpahan Air

Nah, jika keyboard kalian ketumpahan kopi atau soda, maka segera cabut kabel keyboard dari computer. Meskipun sebagian orang membersihkan keyboard ketika masih basah, tetapi sebaiknya kalian mengeringkannya dahulu dan membalik Keyboard. Setelah kering, kalian bisa mencopot satu per satu tombolnya untuk menghilangkan cairan yang melekat di tombol. Hal ini bertujuan untuk bisa membersihkan dengan baik dan lebih mudah ketika di pasang kembali.

Nah, untuk melepaskan tombol keyboard sendiri kalian bisa menggunakan pisau atau obeng pipih untuk melepas tombol keyboard dari sisinya. Namun, jangan terlalu kuat karena keyboard bisa dilepas pasang dengan mudah. Sedangkan untuk keyboard laptop, kalian bisa menggunakan kuku jari untuk melepaskannya, tapi juga perlu berhati-hati karena mekanisme tombol rentan patah. Jika sudah terlepas maka gunakan kain basah terlebih dahulu untuk mengeringkan bagian-bagian yang basah. Lalu gunakan alkohol untuk membersihkan ketika sudah kering, selain itu kalian bisa merendam tombol keyboard dengan air hangat untuk membersihkannya. Dan jangan lupa mengeringkan tombol tersebut sebelum memasangnya kembali.

Seperti itulah Trik membersihkan Keyboard Laptop dan Komputer yang bisa kalian coba terapkan dengan mudah. Dengan begitu kalian bisa mengatasi masalah keyboard yang secara tiba-tiba tidak berfungsi maksimal dengan benar. Semoga Bermanfaat!

Video Pilihan Gadget Empire Indonesia:

https://www.youtube.com/channel/UCE8IY-So_faO69RXn5WAaHw/search?query=keyboard

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Computer

More in Computer

Intel Ninth generation

Segera Rilis! Intel Core Generasi ke 9 Dukung RAM Hingga 128GB

Budy SulistiyantoOctober 18, 2018
MSI MEG Z390 Godlike Indonesia

MSI Resmi Luncurkan Z390 Series ke Indonesia, Motherboard yang Cocok Untuk Segala Kebutuhan

Budy SulistiyantoOctober 17, 2018
Acer Predator Helios 500 AMD Ryzen Special

Gunakan Processor AMD Ryzen Terbaik, Segini Harga Laptop Gaming Acer Predator Helios 500 di Indonesia

Budy SulistiyantoOctober 7, 2018
Dell Alienware M15 Back

Dell Resmi Luncurkan Alienware M15, Laptop Gaming Tipis dan Bertenaga

Budy SulistiyantoOctober 5, 2018
JDID x HP 1

Miliki SSD 128GB dan RAM 4GB, Laptop HP Joy 2 Dijual Terjangkau

Budy SulistiyantoOctober 4, 2018
Lenovo Thinkpad P1 Indonesia

Kerjasama dengan Aston Martin, Lenovo Luncurkan 3 Laptop Thinkpad Series Terbaru

Budy SulistiyantoSeptember 26, 2018
Predator Helios 300 Special Edition 3

Resmi Diluncurkan, Berikut Harga Acer Predator Helios 300 Special Edition di Indonesia

Budy SulistiyantoSeptember 18, 2018
OMEN by HP 15

OMEN by HP 15 Hadir dengan Desain Sederhana dan Ringan Tapi Performa Bertenaga

Budy SulistiyantoSeptember 18, 2018
AMD ROCK TOUR 2018 B

Ingin Ikut Turnamen Overclocking AMD Tingkat Nasional? Disini Daftarnya!

Budy SulistiyantoSeptember 17, 2018

shop giay nuthoi trang f5Responsive WordPress Themenha cap 4 nong thongiay cao gotgiay nu 2015mau biet thu deptoc dephouse beautifulgiay the thao nugiay luoi nu