Uncategorized

Ternyata! Ini Dia Masalah yang Menjadi Penyebab Lambatnya Perkembangan Internet Indonesia

Ternyata! Ini Dia Masalah yang Menjadi Penyebab Lambatnya Perkembangan Internet Indonesia

Gadget Empire – Pembangunan infrastruktur internet ternyata masih diamati oleh ahli teknologi informasi yang hanya saja masalah klasik masih menjadi sebuah hambatannya, termasuk perizinan untuk membangun jalur fiber optic. Hal ini seperti yang disampaikan oleh Sekjen Federasi Teknologi Informasi Indonesia (FTII), Irwin Day. Menurutnya di Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 96 tahun 2014 terkait Rencana Pita Lebar Indonesia 2014-2019 terdapat beberapa target yang disusun, termasuk penggelaran infrastruktur. Kendati demikian, jika kondisi di lapangan seperti perizinan sebelumnya dimudahkan, maka target tersebut akan tidak mudah untuk dipenuhi.

“Banyak kendala macam-macam, misalnya penggalian butuh izin yang di setiap kota berbeda kebijakannya. Itu lumayan menghambat. Seharusnya urusan yang seperti ini pemerintah pusat turun tangan standarnya izinnya. Jangan di atas dapat izin, tapi di bawah dilepas,” tutur Irwin saat ditemui di acara diskusi yang dilaksanakan Pengelola Nama Domain Internet (PANDI) di Jakarta pada Kamis (3/5/2018). “Gimana mau dibangun cepat. Intinya gini, enggak ada internet kalau infrastrukturnya belum siap. Jadi kalau yang pertama kita ingin bicara internet itu adalah bangun infrastruktur dulu,” imbuhnya.

Dengan demikian, ia telah mengapresiasikan adanya pembangunan Palapa Ring, namun konsep Palapa Ring tersebut adalah cincin fiber optic yang mana menjadi backbone. Dan secara teknis, Palapa Ring ini hanya di pucuk, sementara itu dibutuhkan penghubung untuk mendistribusikan internet ke beberapa rumah, sehinggaa hal inilah yang dikerjakan oleh swasta. “Ini mestinya diregulasilah untuk mempermudahkan teman-teman penyelenggara jaringan. Kalau mau cepat, caranya ya dimudahkan kalau perlu difasilitasi. Misalnya izin sudah disiapkan,” jelasnya. Selain itu, Irwin juga mengakui bahwa terkait hal ini juga di konsultasikan ke pemerintah terlebih dahulu, hanya saja untuk mempercepat pembangunan harus didorong agar lebih cepat dilaksanakan. “Namanya pemerintah kan banyak konsentrasi. Makanya kita dorong terus,” ungkap Irwin.

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Uncategorized

More in Uncategorized

Wizphone Google Assistant

Google Akan Jual Ponsel Pintar Rp 99 Ribuan Ini di Alfamart

Budi SulistyantoDecember 4, 2018
Smartfren

Sejumlah Operator Indonesia Mulai Rambah Jaringan 5G, Smartfren Masih Santai?

Budi SulistyantoNovember 29, 2018
Spotify Premium 5 ribu

Langganan Spotify Premium 3 Bulan Hanya Rp 5 Ribu, Mau?

Budi SulistyantoNovember 20, 2018
Bolt

Izin Frekuensi Bolt Dicabut, Nasib Pelanggan Bergantung Pada Operator Lain?

Budi SulistyantoNovember 19, 2018
Bolt Resmi Diblokir

Kemkominfo Resmi Cabut Izin Bolt, First Media dan Perusahaan Ini

Budi SulistyantoNovember 18, 2018
Indosat

Jaringan Indosat Jadi Tidak Stabil, Ternyata Ini Masalahnya

Budi SulistyantoNovember 16, 2018
Menkominfo

First Media dan Kominfo Jalani Sidang Pertama, Bagaimana Hasilnya?

Budi SulistyantoNovember 15, 2018
Indosat Ooredoo

Masuk Dalam Bisnis Digital Lagi, Indosat Ooredoo Yakin Bisa Lebih Sukses

Budi SulistyantoNovember 14, 2018
XL Axiata XCamp

X-Camp, Laboratorium IoT Milik XL Axiata Paling Lengkap di Indonesia

Budi SulistyantoNovember 13, 2018

shop giay nuthoi trang f5Responsive WordPress Themenha cap 4 nong thongiay cao gotgiay nu 2015mau biet thu deptoc dephouse beautifulgiay the thao nugiay luoi nu