Smartphone

Tak Disangka, Ternyata Begini Charging Smartphone yang Benar Menurut Ahli

Tak Disangka, Ternyata Begini Charging Smartphone yang Benar Menurut Ahli

Gadget Empire – Ketahanan baterai Smartphone memang berbeda-beda, ternyata hal tersebut tidak hanya bergantung pada kapasitas dan cara pemakaiannya saja, melainkan bagaimana pengguna melakukan pengisian daya baterai juga bisa berdampak pada durasi waktu pemakaian baterai loh. Baterai yang biasanya bisa bertahan selama 1 hari penuh dalam pemakaian standar, karena cara pengisian yang salah bisa berkurang drastis Pagi-sore saja. Tidak hanya itu, jika kesalahan ini berlanjut maka usia baterai Smartphone juga tidak akan bertahan lama.

Jika kita lihat, sebagian besar pengguna Smartphone memiliki anggapan kalau mengisi baterai sebentar-sebentar itu akan membuat baterai lebih cepat rusak. Oleh karena itulah, mereka kebanyakan memutuskan untuk menggunakannya penuh selama seharian, dan melakukan pengisian daya semalaman ketika daya sudah low-bat. Namun ternyata, kebiasaan seperti inilah yang wajib dihindari oleh para pengguna Smartphone jika ingin perangkat miliknya lebih awet.

Sebagaimana yang tertera pada situs perusahaan baterai Cadex yang bernama Battery University telah merinci mengenai komponen baterai lithium-ion yang tertanam pada perangkat Smartphone kita. Dalam rincian tersebut, telah diungkap kalau ternyata baterai juga sensitif terhadap ‘tegangan’ mereka sendiri, sehingga kalau tegangan tersebut melebihi batas, maka bisa merusak dan memperpendek usia pakai baterai untuk jangka panjang. Dengan begitu, untuk menjaga baterai lebih awet, maka harus menjaganya agar tetap dalam kondisi sehat dengan cara mengubah beberapa kebiasan yang mungkin kalian terapkan selama ini.

Untuk hal pertama yang perlu diperhatikan adalah jangan sampai charger yang terhubung ke listrik masih tertancap ke Smartphone ketika baterai sudah dalam keadaan terisi penuh, memang tidak akan begitu berasa di awal karena kebiasaan ini akan berdampak pada umur baterai. Meski sudah ada keterangan dapat melepas/menghentikan daya isi baterai pada lembar spesifikasi Smartphone, akan tetapi kejadian sebenarnya adalah kabel akan tetap menghantarkan ‘percikan arus’ sehingga membuat Smartphone akan berada dalam posisi 100%. Dan kalian perlu tahu bahwa dalam kondisi ini, baterai akan berada dalam keadaan tegangan tinggi terus.

Battery University telah menyarankan untuk segera mencabut baterai jika sudah penuh. Sama hal-nya dengan Olahraga yang dilakukan oleh manusia dimana mereka akan merasa kewalahan kalau terus menerus melakukan Olahraga selama berjam-jam tanpa berhenti. Tidak harus penuh, mencabut mendekati penuh seperti 90% misalnya, ini lebih baik ketimbang harus 100%. Hal ini dikarenakan baterai Li-ion tidak memerlukan kondisi penuh, dan sebaiknya jangan sampai terisi penuh. Dan saran terbaik dalam melakukan pengisian daya Smartphone yang benar adalah “Isi daya Smartphone kapan pun ketika ada waktu. Hal ini akan membuat baterai merasa lebih bahagia.”

Video Pilihan Gadget Empire Indonesia:

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Smartphone

More in Smartphone

Samsung Galaxy Fold GoT

Samsung Galaxy Fold Game of Thrones Edition Emang Keren Banget, Harganya?

Budi SulistyantoMay 23, 2019
Samsung Galaxy A50 and Galaxy A30

Samsung Turunkan Harga 7 Smartphone Ini, Berikut Daftarnya!

Budi SulistyantoMay 23, 2019
Mito Z1

Mito Rilis Smartphone Baru RAM 4GB Sejutaan, Cocok Untuk Mudik dan Lebaran!

Budi SulistyantoMay 22, 2019
Redmi Note 7 Steven Shi Indonesia

Kata Bos Xiaomi Soal Kedatangan Smartphone Flagship di Indonesia

Budi SulistyantoMay 21, 2019
Samsung Galaxy Land

Samsung Galaxy Land Hadir di Indonesia, Banyak Promo dan Diskon

Budi SulistyantoMay 21, 2019
Samsung Galaxy S10+ Spesial Edition

Beredar Penampakan Samsung Galaxy S10+ Spesial Olimpiade Tokyo 2020

Budi SulistyantoMay 20, 2019

shop giay nuthoi trang f5Responsive WordPress Themenha cap 4 nong thongiay cao gotgiay nu 2015mau biet thu deptoc dephouse beautifulgiay the thao nugiay luoi nu