Samsung

Tahun 2019, Layar Smartphone Samsung Bakal Bisa Bersuara

Tahun 2019, Layar Smartphone Samsung Bakal Bisa Bersuara

Gadget Empire – Panel layar menjadi salah satu komponen Smartphone yang diciptakan sendiri oleh Samsung melalui perusahaannya bernama Samsung Display. Oleh karena itulah, sudah menjadi hal wajar kalau perusahaan asal Korea Selatan ini bisa menjadi begitu fleksible terhadap beberapa perubahan yang terjadi di Dunia ini, khususnya masalah desain Smartphone. Salah satu contoh yang bisa diambil adalah kehadiran Notch yang booming di 2018, Samsung tetap berpegang teguh pada desain lamanya, namun di penghujung akhir tahun meluncurkan Galaxy A8s dengan layar berlubang dan itu memacu vendor lain untuk membuat Smartphone berkonsep desain serupa.

Tidak berhenti di situ saja, di tahun 2019 ini terdengar kabar kalau Smartphone besutan Samsung layarnya bakal bisa bersuara karena menggantikan peran speaker yang biasanya tersematkan di bagian bezel atas layar. Dan kabarnya konsep ini menjadi salah satu perwujudannya untuk menghadirkan Smartphone yang benar-benar bebas dari kehadiran bezel maupun notch di layar. Kemudian untuk panel Samsung bernama Sound on Display (SOD) ini kabarnya juga bakal ikut memeriahkan ajang pameran teknologi CES 2019 yang rencananya akan diselenggarakan pada tanggal 9 hingga 12 Januari 2019 mendatang di Las Vegas, Amerika Serikat.

Pada bulan Oktober 2018 kemarin sebenarnya Samsung sudah memperkenalkan teknologi terbarunya ini, akan tetapi hanya sebatas kalangan saja, bukan public. Dalam pamerannya itu, panel OLED SoD ini sangat memungkinkan untuk digunakan oleh vendor lain, bukan hanya perangkat Smartphone saja melainkan perangkat TV juga dimungkinkan untuk menggunakan panel layar jenis ini.

Untuk cara kerja dari panel OLED SoD ini begitu sederhana, untuk komponen SoD ini nantinya akan diletakkan tepat dibawah layar sehingga memungkinkan untuk menghasilkan getaran yang bisa menimbulkan suara. Tidak hanya melalui panel layarnya, melainkan getaran suara ini juga bakal lewat kerangka ponsel yang mengadopsinya. Teknologi seperti ini bukan hal baru, sebelumnya Mi Mix 3 juga sudah menerapkan konsep serupa yang menyematkan speaker tipe piezoelectric di layarnya yang bisa menghasilkan suara juga. Vendor asal china lainnya yang sudah menggunakan teknologi ini yakni Vivo melalui Nex S.

Dari informasi yang dilansir dari laman SlashGear masih belum diketahui perangkat apa yang bakal menggunakan panel jenis baru Samsung ini, namun sebagian besar kalangan menduga kalau Galaxy S10 menjadi ponsel pertama yang menggunakan panel OLED SoD ini. Selain itu, tidak disebutkan juga apakah ada lubang di panel SoD ini sebagai tempat kamera selfie atau tidak. Untuk lebih jelasnya, kita nantikan saja gelaran CES 2019 mendatang.

Video Pilihan Gadget Empire Indonesia:

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Samsung

More in Samsung

Samsung Galaxy S10 with coffe

Diam-Diam, Samsung Perbaiki Jepretan Bokeh Galaxy S10

Budi SulistyantoJune 11, 2019
All Brand Smartphone

5 Vendor Smartphone Paling Laris di Dunia Saat Ini

Budi SulistyantoJune 8, 2019
Samsung case Avengers

Samsung Hadirkan Case Avengers Untuk Galaxy A40, A50, dan A70

Budi SulistyantoJune 2, 2019
layar Samsung Galaxy Note 10

Bocoran Tampilan Samsung Galaxy Note 10 yang Mulus Tanpa Tombol

Budi SulistyantoJune 2, 2019
Samsung Galaxy M40

Bos Samsung Ungkap Spesifikasi dan Harga Galaxy M40 yang Segera Rilis

Budi SulistyantoMay 31, 2019
Samsung Galaxy S10 Update

Sepekan Berselang, Update Software Galaxy S10 Ditarik Lagi

Budi SulistyantoMay 29, 2019

shop giay nuthoi trang f5Responsive WordPress Themenha cap 4 nong thongiay cao gotgiay nu 2015mau biet thu deptoc dephouse beautifulgiay the thao nugiay luoi nu