Uncategorized

Stop! Jangan Sebar Foto Korban Bom Surabaya di Media Sosial Manapun

Stop! Jangan Sebar Foto Korban Bom Surabaya di Media Sosial Manapun

Gadget Empire – Pada hari Minggu (13/5/2018), warga telah dibuat kaget oleh ledakan yang terjadi di tiga lokasi gereja di Surabaya. Ketiga gereja itu sendiri meliputi Gereja Santa Maria, GKI Wonokromo Diponegoro dan Gereja di Jalan Arjuno. Sebagaimana yang disampaikan oleh Kabid Humas Polda Jawa Timur Kombes Frans Barung Mangerang ketika dihubungi. “Ada tiga lokasi ledakan. Ketiganya terjadi di Gereja Santa Maria, GKI Wonokromo Diponegoro, dan Gereja di Jalan Arjuno,” jelasnya. Setelah kejadian ledakan Bom di Gereja Santa Maria Surabaya, beberapa foto lokasi kejadian telah tersebar ke sosial media. Memang foto tersebut membuat masyarakat penasaran, tetapi sejumlah warganet menganggap bahwa penyebaran foto ini tidak pantas dan hanya akan membuat orang ngeri jika melihatnya.

Berkaitan dengan kejadian ini, pendiri media sosial asli Indonesia (Sebangsa.com) bernama Enda Nasution, bahwa penyebaran foto tersebut bisa diketahui dari berbagai sisi, terlebih warga yang berada di lingkungan lokasi kejadian. “Penyebaran foto di akun media sosial, khususnya yang berada di lokasi kejadian sangat wajar. Banyak warga yang pastinya ingin menginformasikan keadaan sekitar dan agar masyarakat berhati-hati. Memang yang dikhawatirkan adalah penyebaran foto korban yang tidak diedit (diblur). Ada baiknya, teman-teman yang melihat posting-an seperti itu untuk tidak menyebarkannya lagi, entah itu di platform media sosial ataupun aplikasi olah pesan.” Ungkap Enda. Selain itu, ia juga menyarankan kalau “Kita harus kepala dingin. Wajar bila reaksi pertama sangat emosional, tetapi kita harus menahan diri untuk tidak menyebar foto ledakan bom di Gereja Santa Maria dan dua lokasi lainnya karena hanya akan menguntungkan pelaku teror.”

Sumber Brilio

Sumber Brilio

Sekedar informasi bahwa ledakan ini mampu menarik perhatian banyak masyarakat dan dunia maya, termasuk Twitter. Perlu Anda ketahui juga kalau pada hari Minggu 13 Mei 2018 ini empat kata kunci yang menduduki Indonesia Trends, yakni Surabaya dan #KamiTidakTakut dengan menempati posisi utama dan kedua. Sedangkan untuk Gereja Santa Maria dan Ngagel sendiri masuk ke dalam daftar Indonesia Trends. Terkait hal ini, banyak ucapan duka serta himbauan untuk masyarakat agar selalu berwaspada yang beredar di Twitter, “Terjadi serangan multi-titik di Surabaya. Ada korban jiwa, banyak yang luka-luka. Mari tahan jemari kita untuk tidak membagi gambar-gambar korban. #KamiTidakTakut,” tulis akun @marufins.

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Uncategorized

More in Uncategorized

Huawei Setingkat Lebih Baik Ketimbang Tahun Kemarin

Budi SulistyantoJune 20, 2019
MediaTek helio m70

Seperti Inilah Kehebatan Chip SoC 5G Besutan MediaTek

Budi SulistyantoJune 15, 2019
Huawei CS

Konsekuensi Bagi Eropa Jika Ikut Blokir Huawei

Budi SulistyantoJune 9, 2019
Huawei Google

Huawei Ditekan AS, Google Membela?

Budi SulistyantoJune 7, 2019
Redmi K20 Pro color

Penjualan Perdana Smartphone Flagship Killer Redmi K20 Sukses

Budi SulistyantoJune 2, 2019
Monalisa can Speak

Tim Samsung Temukan Cara Ubah Foto Jadi Video Lebih Mudah

Budi SulistyantoMay 26, 2019

shop giay nuthoi trang f5Responsive WordPress Themenha cap 4 nong thongiay cao gotgiay nu 2015mau biet thu deptoc dephouse beautifulgiay the thao nugiay luoi nu