Drone

Review DJI Mavic Air, Drone Mini dengan Kamera 4K

Review DJI Mavic Air, Drone Mini dengan Kamera 4K

Gadget Empire – Produsen teknologi besar DJI sukses melemparkan kejutan di awal tahun 2018. Akhirnya perusahaan yang memproduksi drone tersebut mulai menampakkan hasil ciptaan terbarunya dengan membawa inovasi terbaru pula. Rangkaian produk terbarunya ini telah meluncur di pasaran dunia, sebut saja DJI Mavic Air sebuah drone mini yang sangat cocok untuk di gunakan kapanpun dan dimanapun. Dengan desain yang lebih kecil menjadikan perangkat ini mudah di bawa kemanapun dengan memanfaatkan kemampuannya yang luar biasa. Drone ini di lengkapi dengan desain fordable alias model lipat.

Berbeda dengan DJI Mavic Pro, drone terbarunya kali ini lebih terlihat seperti upgrade dari DJI Spark. Jika di lihat dari fungsinya, drone ini sengaja di tujukan untuk pengguna profesional dalam bidang fotografi dan pemetaan 3D. Belum lagi Mavic Air juga mengusung kamera tangguh dengan beberapa sensor obstacle yang telah menuai pembaruan. Berikut ini spesifikasinya:

DESAIN

Dilihat dari segi desain, DJI Mavic Air memang mirip seperti DJI Spark, hanya saja mempunyai ukuran sedikit lebih besar serta aerodinamis. Salah satu kelebihannya di segi tampilan ini adalah penggunaan material metal magnesium alloy yang membalut bodinya. Adanya ventilasi kipas mendukung efisiensi drone ini yang berfungsi untuk membuang panas berlebih dan memungkinkan arm dapat dilipat.

DJI Mavic Air Drone Mini

DJI Mavic Air mempunyai ukuran sekitar 16 Cm x 8.3 Cm dengan tebal 4.9 Cm apabila dilipat, dan bila tidak dilipat memiliki ukuran 16.8 Cm x 18.4 Cm dan mempunyai berat 430 gram. Bahkan desain dari remot controlnya juga bisa dilipat dan stick throttle bisa dilepas dengan mudah.

Terlihat dari motor drone yang digunakan, diklaim bahwa DJI Mavic Air hampir sama dengan DJI Mavic Pro Platinum. Dimana memiliki motor yang sangat efisien dan dukungan suara yang tidak akan pernah bising, karena telah di bekali dengan teknologi terbaru bernama Ecs FOC.

BATERAI

Mengenai persoalan baterai, mini drone besutan DJI ini berkapasitas 2375 mAh dengan model Lipo berjenis 3S. Daya pacu ini sangat mendukung ketahanan sampai dengan 21 menit. Hal itu menjadi salah satu alasan mengapa drone ini layak di sebut mini drone profesional.

PERFORMA

Satu hal yang membuat drone ini menjadi lebih unik yakni kemampuan terbangnya. Pihak DJI telah mengklaim bahwa drone mereka sudah lengkap dengan Flight Autonomy 2.0 yang di sebut teknologi terbaik pesawat tanpa awak yang telah berhasil mereka kembangkan sejak lama. Jadi tak heran jika drone rakitan DJI selalu disebut canggih. Seperti yang di sampaikan, DJI Mavic Air menjadi drone berukuran mini yang mempunyai kemampuan mumpuni. Terutama dalam masa terbang, drone ini sangat mutu sekali untuk di andalkan. Diantara kemampuan itu adalah bisa menghindari object yang menghalangi dengan sangat cepat.

Pengguna tidak perlu khawatir jika harus menerbangkan drone ini pada ketinggian yang terdapat pepohonan rindang maupun daerah berbatuan. Dipastikan bahwa drone mavic air bisa menghindari dengan sangat baik. Kemampuan seperti ini bisa dilakukan karena berkat adanya 6 sensor obstacle utama yang meliputi 2 dibelakang drone, 2 dibawah drone dan 2 lainnya dibagian depan drone. Terdapat satu fitur canggih yang membuat drone ini berkemampuan cepat menghindari objek yang menghalanginya yaitu Fitur AI menjadi teknologi buatan yang lebih canggih untuk membuat drone ini lebih keren.

Sumber Hobby Square

Sumber Hobby Square

Bukan hanya itu saja, ketahanan terbang drone menjadi sangat luar biasa dan menjadi salah satu kelebihan mumpuni. Perlu di ketahui bahwa DJI Mavic Air sangat tahan terhadap hembusan angin cukup kuat, padahal mengingat kembali ukurannya yang kecil mungkin banyak yang tidak pernah mengira. Jadi, pengguna tidak perlu takut menerbangkan drone ini di daerah manapun. Ditambah lagi kecepatan maksimal yang di usung drone ini mencapai sekitar 68 Km/Jam dalam mode sport. Keunikan lain adalah fitur yang hadir dari drone ini adalah pemetaan 3D yang berkemampuan dalam memetakan secara 3D kondisi lingkungan sekitar. Sehingga sangat cocok bagi anda yang bekerja di bidang pertambangan, konstruksi, dan juga perkebunan.

Disamping itu, kemampuan lebihnya di lengkapi pula dengan sistem keamanan terbang canggih, dimana fungsi GPS akan bekerja secara maksimal dan mampu memperbaiki secepat mungkin ketika terjadi hal-hal seperti kondisi GPS terganggu. Hal ini dikarenakan DJI Mavic Air memiliki teknologi baru yakni The Vision Compass, yang membantu sistem navigasi memperkirakan dimana arah drone akan terbang ke tempat yang lebih aman dan tak banyak gangguan.

Kemampuan jarak terbang dari drone Mavic Air ini sangat jauh, DJI memastikan bahwa drone mereka mampu terbang hingga sejauh 4 Km dengan live FVP video 720p tanpa adanya hambatan apapun. Dengan kondisi sinyal juga tidak akan terganggu, DJI Mavic Air sudah menggunakan dual Wifi koneksi 2.4 dan koneksi 5.8 Ghz. Jika terjadi lost koneksi, secara otomatis sistem RTH atau kepanjangan dari return to home akan memastikan kembali drone mampu beraksi dengan selamat. Semua itu lantaran drone Mavic Air mampu merekam dengan sangat jelas kondisi lingkungan sekitar pada waktu terbang.

Sumber CNET

Sumber CNET

Kelebihan lain yang di peroleh dari review Mavic Air adalah kemampuan bertahannya dengan hembusan angin serta dengan ketinggian yang menjanjikan. Fitur seperti Tap Fly telah di tanamkan beserta dengan Active Track. Untuk fitur active track memang sedikit lebih mirip dengan follow me, hanya saja lebih dikembangkan. Bentuk dari pengembangan tersebut adalah kemampuan dimana bisa mengikuti dengan object yang telah dipilih dalam kondisi apapun dengan sangat akurat. Misalnya adalah seperti berlari, memanjat, hingga mengendarai sepeda.

FOTOGRAFI

Dari segi fotografi, drone mini tersebut mengusung kamera dengan besar resolusi 12 MP yang telah memiliki resolusi hingga 4K dengan 30 FPS. Ditambah lagi dengan adanya teknologi gimbal 3 Axsis yang benar-benar sangat stabil terhadap guncangan, membuat Mavic Air ini sangat cocok digunakan dimanapun termasuk di tempat dengan tekanan angin tinggi seperti pegunungan, tebing, pantai dan semacamnya. Kemampuannya hampir setara dengan gimbal DJI Phantom 4. Salah satu yang bisa di buktikan dari kemampuan kamera yang di miliki adalah pengambilan gambarnya yang sangat luar biasa tiada duanya.

Sumber HotHardware

Sumber HotHardware

Kualitas kameranya telah dilengkapi dengan UHD serta pewarnaan yang natural. Sehingga untuk pengambilan gambar video di malam hari akan semakin menunjukkan hasil sangat baik. Demikian pula berkat dukungan dari teknologi Algoritma HDR yang membantu pengguna mengambil gambar atau video dengan menyesuaikan kondisi cahaya. Sehingga, pengguna tak perlu lagi melakukan setting atau memasang filter pada kamera drone untuk menghasilkan kualitas jepretan dengan pencahayaan yang sesuai dengan keinginan. Secara otomatis, kamera pada drone ini akan mengatur settingan yang tepat dan sesuai untuk menghasilkan gambar maupun video dengan kualitas mumpuni. Bicara soal hasil jepretan tidak perlu diragukan lagi.

Ada salah satu fitur baru bernama panoramas photo shoot yang berfungsi untuk mengambil 25 foto secara bersamaan hanya dalam waktu selama 8 detik saja. Fitur ini juga membuat hasil foto panorama lebih baik. Untuk hasilnya, pengguna tidak perlu ragu karena telah setara dengan kamera 32 MP yang bisa anda lihat seolah-olah 3D. Sangat fantastis bukan?

Masih banyak spesifikasi DJI Mavic Air yang harus pengguna pahami. Beberapa fitur pengambilan gambar lain bisa di sebut dengan Quick Shoot. Fitur ini juga tersedia pada seri DJI Spark, diantaranya yakni seperti Rocket, Dronie, Circle, Helix. Akan tetapi untuk teknologi yang paling up to date yakni fitur Asteroid dan boomerang, yang mana fitur Asteroid akan memposisikan drone layaknya mengambil foto udara menyerupai bumi. Selanjutnya boomerang, sebuah fitur yang memposisikan drone mengambil video dengan sekali berputar layaknya senjata boomerang.

KESIMPULAN SPESIFIKASI

Drone DJI Mavic Air merupakan sebuah mahakarya terbaru yang di rangkai untuk pengguna professional dalam bidang fotografi serta pemetaan 3D. Dengan ukurannya yang tidak besar, drone ini tetap menjadi perangkat tangguh dengan kualitas tak terbatas. Resolusi kamera yang cukup tinggi menjadikan hasil gambar lebih powerfull. Satu unit drone Mavic Air memiliki harga senilai $ 799 atau setara dengan Rp 11.000.000,- dan $ 999 untuk varian DJI Mavic Air Combo atau Rp 14.000.000. Untuk saat ini DJI Mavic Air juga sudah tersedia di berbagai store Indonesia, mulai dari e-commerce maupun retail offline. Bagaimana, Anda tertarik untuk meminangnya?

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Drone

More in Drone

Drone Lebih Efektif Untuk Fotography Ketimbang Kamera Konvensional

Budi SulistyantoNovember 12, 2018

Meski Harga Drone Mahal Tapi Tetap Laris di Indonesia, Ternyata Ini Alasannya

Budi SulistyantoOctober 4, 2018
Mavic 2 Series

Resmi di Indonesia, Berikut Harga DJI Mavic 2 Pro dan Mavic 2 Zoom

Budi SulistyantoSeptember 27, 2018
Mavic 2 Series

DJI Resmi Rilis Duo Mavic 2 Series dengan Kamera Hassleblad, Harga Rp 17 Jutaan!

Budi SulistyantoAugust 26, 2018

Alasan Dibalik Berhentinya Proyek Drone Internet AQUILA Milik Facebook

Budi SulistyantoJune 28, 2018

Kerjasama dengan Axon, DJI Luncurkan Drone Khusus Untuk Kepolisian dan Penegak Hukum

Budi SulistyantoJune 10, 2018

Xiaomi Luncurkan Funsnap Idol, Drone Lipat Hanya Rp 1.8 Jutaan

Budi SulistyantoJune 9, 2018

Zenmuse XT2 dan Drone DJI Matrice Resmi Diluncurkan

Budi SulistyantoMay 25, 2018

shop giay nuthoi trang f5Responsive WordPress Themenha cap 4 nong thongiay cao gotgiay nu 2015mau biet thu deptoc dephouse beautifulgiay the thao nugiay luoi nu