ASUS

Review ASUS ROG Phone, Smartphone Gaming Pertama di Indonesia

Review ASUS ROG Phone, Smartphone Gaming Pertama di Indonesia

Gadget Empire Pasar smartphone tanah air pada akhirnya punya segmen baru yakni gaming phone. ASUS telah resmi mengumumkan sekaligus meluncurkan pesona terbaru dari lini smartphone. Ada tiga perangkat yang telah lahir di dunia gadget yakni untuk dua seri ZenFone dan satu lagi adalah ROG Phone seperti yang akan di sampaikan saat ini. ASUS memang tidak bisa di remehkan menjadi seorang produsen teknologi mahir yang mencetak perangkat keras baik smartphone atau laptop. Perjalanan ASUS untuk menarik kepercayaan masyarakat terhadap produknya tidak mudah, butuh proses dan waktu cukup panjang hingga seperti sekarang. Dulunya perusahaan ini bernama PEGASUS, yang seiring berjalannya waktu mengubah dengan nama ASUS.

Salah satu negara yang menjadi tujuan peluncuran perangkat baru ASUS ini adalah Indonesia. Resmi mengumumkan kehadiran ROG Phone di tanah air ini, ASUS sekaligus mengenalkan performa mumpuni. Perusahaan berbasis di Taiwan ini secara resmi memboyong ponsel gaming bernama ASUS ROG Phone ke Indonesia, usai diluncurkan secara global beberapa bulan lalu. Peluncuran ponsel ROG Phone di Indonesia mempelopori ceruk pasar baru yang sebelumnya belum pernah ada di Indonesia sendiri yakni smartphone gaming kelas atas. Regional Director South East Asia Asus yakni Jimmy Lin mengatakan bahwa ROG Phone merupakan ponsel gaming nomor 1 kelas dunia, dan diluncurkan pertama kali di Asia Tenggara.

“ROG Phone adalah ponsel gaming terbaik di 2018 dan ini pertama diluncurkan di Asia Tenggara. Ini merupakan ponsel pertama di dunia dengan prosesor yang di-overclock agar main game tidak lag. Untuk mendukung optimasi game, perangkat lunak juga kami perhatikan agar dapat memberi experience game terbaik,” sambutnya saat membeberkan keunggulan ponsel di panggung diacara peluncuran Asus di Jakarta, Selasa (11/12/2018).

Ponsel ASUS ROG Phone ini hadir dengan hardware mumpuni, memberikan pengalaman mengasyikkan untuk para pengguna. Berbagai keunggulan akan di rasakan saat memanfaatkan ponsel tersebut kapanpun dan dimanapun. Berikut spesifikasinya mulai dari performa sampai dengan harga yang memuaskan.

  • PERFORMA

ASUS ROG Phone With Twin Screen

ASUS ROG Phone With Twin Screen; Sumber Image Trusted Reviews

Performa sangat penting sekali untuk perangkat keras, apalagi yang di desain khusus untuk gamer semua. Seperti halnya ROG Phone ini, berbagai spek mumpuni telah di patenkan ke dalam untuk memenuhi kebutuhan para pengguna semua. Beberapa spek tinggi yang harus anda ketahui yakni seperti chipset Snapdragon versi 845 dengan kecepatan yang di-overclock mencapai 2,96 Ghz. CPU ini sangat menjamin penggunaan perangkat mampu bekerja secara maksimal. Bahkan prosesor ini tidak tanggung-tanggung di kombinasikan dengan RAM sebesar 8 GB dengan variasi ROM 128 GB atau 512 GB. Pastinya perpaduan ini mampu memberikan yang terbaik untuk anda. Snapdragon 845 juga dibekali dengan GPU berjenis Adreno 630 yang sangat powerful serta teknologi GameCool vapor-chamber cooling system yang didukung  AeroActive Cooler. Sehingga mampu membuatnya tampil dengan performa luar biasa dan bisa menaklukkan game apapun yang ada di platform perangkat Android.

Soal performa memang ultra kencang, semua produk yang membawa nama ROG tidak pernah berkompromi soal hal ini. Sejak awal, ASUS ROG Phone memang di hadirkan sebagai brand dengan produk berkinerja tinggi, dan DNA tersebut akan kembali hadir di ROG Phone. Smartphone ini memastikan game bermain tanpa suatu kendala seperti lag, dan tanpa delay lantaran telah memiliki respon cukup tinggi. Dukungan SoC Snapdragon 845 Speed-Binned serta GPU Adreno 630 akan membuat ROG phone ini tampil sebagai gaming powerhouse dengan performa grafis luar biasa tangguh. ASUS ROG Phone mampu menciptakan framerate tinggi serta stabil tanpa lag sedikitpun, bahkan pada waktu digunakan terus menerus sekalipun. Guna mendukung performa komputasi, perusahaan tanamkan konektivitas premium di smartphone ini seperti Cat 18 LTE serta 802.11ad gigabit-class Wi-Fi yang super kencang untuk akses internet. Sesi bermain game online pun dipastikan tidak akan mengalami gangguan apapun.

Satu lagi yang tidak boleh di lupain, ASUS ROG Phone ini telah menjalankan sistem operasi Android Oreo atau OS versi 8.0 dengan kualitas serta tampilan lebih ciamik. Apalagi dengan adanya fitur PiP mode dimana pengguna bisa menjalankan dua aplikasi sekaligus, dan berkat dukungan performa tingginya maka menjalankan dua aplikasi berat sekalipun tak akan mengalami lag. Misalnya ketika pengguna sedang asyik bermain game Mobile Legend, sekaligus bisa membalas chat WhatsApp tanpa harus keluar dari game tersebut.

  • DESAIN

Sementara dari segi desain, smartphone ini tampil lebih glamour berkat kemampuan layarnya yang di lapisi dengan Corning Gorilla Glass 6 sebagai versi mutakhir. Di bandingkan dengan proteksi lain atau sejenisnya namun versi lama, kemampuan gorilla glass 6 memang lebih tangguh. Terlebih lagi ketika menghantam benda tajam, sehingga permukaan tetap baik-baik saja. Lantaran hadir menggunakan 2.5D dan 3D-curved Gorilla Glass 6 yang dibuat secara presisi dengan diamond-cut highlights serta copper detailing, perangkat ini menjadi salah satu smartphone paling tangguh. Rangka smartphone ini memanfaatkan material metal frame yang dirancang sedemikian rupa lebih mempesona sehingga sudah tahan air dan mengantongi sertifikasi IPX4 splash resistant. Artinya terkena debu atau air selama selang waktu beberapa menit tetap saja aman.

Sedangkan untuk ukuran panelnya sendiri, bentang yang di suguhkan yakni 6-inch beresolusi 18:9 (2160 by 1080) 90Hz. Teknologi panel yang di gunakan telah berlayar AMOLED. Memang, jika di bandingkan panel lain seperti IPS atau TFT, panel produksi Samsung Display ini memang yang terbaru dan lebih jelas menayangkan gambar dari sudut manapun. Cantiknya panel ini di lengkapi dengan 50nits brightness, Gaming HDR and Mobile HDR yang di dukung oleh dedikasi hardware chipset seperti yang telah di sebutkan. ROG Phone ini memang didesain untuk gamers sehingga tetap nyaman dipakai dalam sesi game panjang. Salah satu fitur paling menarik dan sangat unik yang hanya dimiliki oleh ROG Phone yakni side-mounted ports yang berfungsi menghubungkan ROG Phone dengan berbagai aksesorinya. Disisi lain, side-mounted ports bisa juga digunakan sebagai port untuk mengisi daya. Lantaran karena posisinya berada di samping, gamer bisa mengisi daya tanpa mengganggu kenyamanan pada waktu bermain game.

Desain menarik lain telah memampatkan sektor pendingin khusus. Pada saat digunakan untuk bermain game dalam waktu cukup lama, maka di pastikan tidak akan mengganggu performa serta kenyamanan pengguna saat bermain. Untuk itulah ROG Phone dilengkapi dengan teknologi pendingin khusus yakni yang bernama GameCool system yang memanfaatkan 3D vapor-chamber cooling. Hal ini belum lagi di tambah dengan dengan copper heat spreader dan carbon cooling pads, perangkat ini dapat menemani gamer bermain dalam waktu lama tanpa ada masalah dengan suhu yang tinggi atau perasaan takut karena khawatir. Sedangkan guna memaksimalkan pendinginan, ASUS ROG Phone dibekali dengan aksesori khusus bernama AeroActive Cooler yang merupakan kipas tambahan yang bisa dipasang di ROG Phone. Kipas ini mampu menurunkan suhu smartphone hingga 4,7 derajat Celcius.

  • KAMERA

ASUS ROG Phone Camera

Sumber Image XiaomiToday

Smartphone ROG Phone milik ASUS ini sudah dibekali dengan kamera yang mengusung sensor kelas flagship yaitu Sony IMX363 dengan aperture lebar f/1.7. Sensor kamera tersebut mempunyai ukuran 2,55 inci dengan besaran pixel 1,4 micron guna pengambilan gambar lebih maksimal. Meski ini bukan merupakan camera phone, ASUS juga membekali ROG Phone dengan serangkaian mode pemotretan, yakni mulai dari potrait, landscape, sampai dengan mode profesional. Artinya, pengguna perangkat ini pun masih bisa bereksperimen lebih lanjut terkait fotografi, dengan smartphone gaming kelas dunia ini.  Sedangkan pada bagian punggung ponsel terdapat kamera ganda yang masing-masing beresolusi 12 megapiksel dengan lensa bukaan f/1,8 dan 8 megapiksel, bukaan f/2,0 dilengkapi dengan fitur canggih seperti EIS.

  • BATERAI

Baterai menjadi acuan utama memilih sebuah perangkat. Apalagi jika perangkat itu di desain khusus gaming, tentunya kemampuan baterai di pertanyakan. ROG Phone dibekali dengan kapasitas baterai sebesar 4000 mAh berkemampuan cukup tahan lama di gunakan sehari-hari. Bahkan bukan hanya itu saja, di dalam juga telah di lengkapi dengan fitur fast charging yang mempunyai kemampuan lebih cepat dalam mengisi daya. Sehingga pengguna tidak perlu khawatir saat bermain game, dan mengisi juga makin cepat. ROG Phone ini juga merupakan smartphone ASUS pertama yang hadir dengan teknologi HyperCharge, apa itu? Yang pasti teknologi ini mampu membuat smartphone mengisi daya dari kondisi baterai kosong sampai 60% hanya dalam waktu setengah jam saja. Hebatnya lagi, teknologi ini tidak akan membuat smartphone panas lantaran chip khusus Hyper Charge justru berada di dalam adapter ROG Phone.

Menariknya, apabila sebagian besar pengguna khawatir ketika mengaktifkan atau mengoperasikan perangkat di saat sedang mengisi daya, maka inilah yang berbeda. Pengguna ROG Phone bisa tetap nyaman bermain game sambil mengisi daya. Mengisi daya pada saat smartphone sambil bermain game, mungkin yang di rasakan sebagian orang yakni sangatlah tidak nyaman lantaran kabel akan mengganggu posisi tangan. Namun pada ASUS ROG Phone, gamer tidak akan mendapatkan masalah tersebut lantaran ASUS telah menghadirkan port tambahan khusus bernama side-mounted ports di bagian sisi bodinya. Melalui port tersebut, ROG Phone akan tetap nyaman dijalankan pada saat bermain game dalam mode landscape sambil mengisi daya baterai sekalipun.

  • KOMPONEN

ASUS ROG Phone Port with Air Tigger

Sumber Image stormandroid

Komponen lain yang menjadi bagian dari kelebihan perangkat ini adalah Take Control. Dalam game apapun, kontrol menjadi hal terpenting guna menentukan kemenangan. Sayangnya, smartphone tidak mempunyai banyak kontrol fisik dan game mobile sangat bergantung pada tombol virtual yang sulit dikontrol, namun hal itu tidak terjadi pada ROG Phone. Smartphone ini telah dilengkapi dengan fitur Air Trigger yang memberikan pengalaman kontrol layaknya di konsol untuk para pengguna. Air Trigger adalah ultra-responsive sensor yang ditempatkan di samping bodi. Gamer semua bisa menggunakan Air Trigger sebagai pengganti tombol virtual yang ada di dalam sebuah game. Bukan hanya itu saja, ROG Phone juga memiliki pengaturan khusus untuk Air Trigger di setiap game.

Lalu guna menambahkan sisi unik lain, ROG Phone juga mengadopsi RGB LED menggunakan ASUS Aura RGB Lighting sebagai perangkat ASUS yang pertama kali mengusungnya. Pengguna bisa mengubah efek tampilan RGB LED yang ada pada ROG Phone seperti static, breathing, strobing or color cycling. Selain itu juga para gamers di ROG Phone juga bisa mengatur tampilan tertentu untuk skenario khusus. Misalnya seperti menampilkan warna biru ketika ada panggilan telepon dan masih banyak lagi.

  • HARGA

Soal harga, ASUS selalu memberikan penawaran menarik untuk semua pengguna. Mengingat bahwa ASUS ROG Phone hadir ke dalam dua versi ROM, maka masing-masing unit terjual dengan sedikit selisih. Untuk varian RAM 8 ROM 128 Rp 12.999.000. Sementara itu untuk kapasitas RAM 8 GB ROM 512 GB seharga Rp 14.499.000, sedikit lebih mahal. Harga tersebut sangat sebanding dengan fungsi serta kemampuan perangkat.

Video Pilihan Gadget Empire Indonesia:

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in ASUS

Mengenal ASUS VivoBook Ultra A412, Laptop Mungil yang Penuh Warna

Budy SulistiyantoJune 14, 2019
ASUS Zenfone 5Z

7 Smartphone ASUS Ini Lagi Diskon Hingga Rp 1,7 Juta Loh

Budi SulistyantoMay 30, 2019
Zenfone Max Pro M2 Performa

Sudah Tahu Belum? Ada Potongan Harga ASUS Zenfone Max Pro M2 Nih

Budi SulistyantoMay 27, 2019
ASUS Zenfone 6 Rilis

Rilis dengan Kamera Flip & Snapdragon 855, Segini Harga ASUS Zenfone 6

Budi SulistyantoMay 17, 2019
ASUS Zenfone 6 DO

Beredar Penampilan ASUS Zenfone 6 Bebas Poni dan Pakai Body Slider

Budi SulistyantoMay 4, 2019

5 Kriteria Laptop Untuk Aktivitas Multitasking

Budy SulistiyantoApril 27, 2019

shop giay nuthoi trang f5Responsive WordPress Themenha cap 4 nong thongiay cao gotgiay nu 2015mau biet thu deptoc dephouse beautifulgiay the thao nugiay luoi nu