Samsung

Pertumbuhan Xiaomi di Indonesia Luar Biasa, Hampir Salip Samsung!

Pertumbuhan Xiaomi di Indonesia Luar Biasa, Hampir Salip Samsung!

Gadget Empire – Pada Quartal kedua tahun 2018 ini pasar Smartphone Indonesia telah berhasil mencatat rekor penjualan tertinggi dibanding sebelumnya. Sebagaimana yang telah dilaporkan oleh firma riset Internasional IDC, diketahui ada 9,4 juta unit Smartphone yang berhasil dijual selama 3 bulan terakhir, Periode Juni 2018. Tentu angka penjualan ini telah mengalami peningkatan sebesar 22% dibanding Q1 2018 dan mengalami pertumbuhan 18% untuk skala Year of Year.

Dari sekian banyak vendor, salah satu brand yang cukup sukses menarik perhatian konsumen Indonesia adalah Xiaomi dimana perusahaan asal Tiongkok ini telah berhasil meraih pertumbuhan tertingginya. Sepanjang Quartal kedua tahun 2018, Xiaomi telah berhasil mendapatkan pangsa pasar sebesar 25%. Tentu perolehan ini jauh lebih meningkat jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang hanya berhasil mendapatkan penguasaan pasar sebesar 3% saja.

Disisi lain, sang kompetitor yang berasal dari Negeri sama yakni OPPO telah mengalami hal sebaliknya dimana perusahaan asal Tiongkok ini mengalami penurunan pangsa pasar sehingga menjadi 18%, padahal di tahun lalu OPPO berhasil mendapatkan penguasaan hingga 24%. Risky Febrian selaku menjadi analis IDC telah menyampaikan kalau hal ini tidak lain dikarenakan inovasi Xiaomi yang menghadirkan Smartphone sesuai dengan apa yang diharapkan oleh kebanyakan konsumen di Indonesia. Lalu, bagaimana dengan sang raja pasar Smartphone (Samsung)?

Sepertinya di Indonesia sudah mulai tidak aman, sebab perusahaan asal Korea Selatan ini hanya memiliki jarak 2% saja dari pangsa pasar Xiaomi. Samsung mengalami penurunan 5% dari tahun lalu sehingga di Q2 2018 ini hanya berhasil mendapatkan 27% penguasaan pasar Smartphone di Indonesia. Untuk lebih jelasnya, kalian dapat melihat bagan berikut ini:

IDC

Sumber Image IDC

Selain Xiaomi, Vivo juga berhasil mengalami peningkatan sebesar 6%. Walaupun tidak sebesar kompetitornya namun nilai ini sudah cukup untuk membangun semangat baru dan menghadirkan Smartphone yang lebih creative dan inovatif serta bermanfaat bagi masyarakat luas. Kemudian di posisi kelima ada Advan (vendor asli Indonesia) yang seperitnya mengalami penurunan, dari awalnya yang berhasil mendapatkan penguasaan 9%, kini hanya mampu menyita perhatian konsumen Indonesia 6% saja.

Video Pilihan Gadget Empire Indonesia:

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Samsung

More in Samsung

Samsung Ungkap Ciri Smartphone Layar Lipat Perdananya

Budi SulistyantoOctober 14, 2018
Samsung Galaxy A7 3 Camera

Ponsel 3 Kamera Belakang Galaxy A7 Sudah Bisa Dipesan di Indonesia, Ini Harganya

Budi SulistyantoOctober 11, 2018
Samsung Galaxy A9 Release

Samsung Resmi Rilis Galaxy A9, Smartphone 4 Kamera Belakang Pertama di Dunia

Budi SulistyantoOctober 11, 2018
iPhone XS Max vs Samsung Galaxy Note 9

iPhone XS Series Vs Samsung Galaxy Note 9, Mana yang Lebih Cocok Untuk Dipilih?

Budi SulistyantoOctober 8, 2018
Samsung Galaxy A9s Concept

Teka-teki Smartphone 4 Kamera Belakang Samsung, Galaxy A9 Pro atau A9s?

Budi SulistyantoOctober 6, 2018
Samsung Galaxy J4 Plus dan Galaxy J6 Plus B

Tak Menunggu Lama, Samsung Galaxy J4 Plus dan J6 Plus Kini Sudah Resmi di Indonesia

Budi SulistyantoSeptember 26, 2018
Samsung Galaxy A7

Samsung Resmi Luncurkan Smartphone 3 Kamera Pertamanya Galaxy A7

Budi SulistyantoSeptember 20, 2018
Samsung Galaxy J Seris Infinity Display

Samsung Resmi Luncurkan Galaxy J4+ dan J6+ dengan Layar Infinity Display

Budi SulistyantoSeptember 19, 2018
Smartphone Samsung

Berikan Kode 4X, Samsung Akan Rilis Ponsel 4 Kamera Bulan Depan?

Budi SulistyantoSeptember 14, 2018

shop giay nuthoi trang f5Responsive WordPress Themenha cap 4 nong thongiay cao gotgiay nu 2015mau biet thu deptoc dephouse beautifulgiay the thao nugiay luoi nu