Softwares

Peringatan Resmi dari Microsoft, Pengguna Windows XP dan 7 Harus Tau Ini

Peringatan Resmi dari Microsoft, Pengguna Windows XP dan 7 Harus Tau Ini

GadgetEmpire – Berbagai macam upaya telah dilakukan oleh Microsoft untuk memboyong jumlah pengguna Windows 7 dan XP yang luar biasa agar mau beralih ke sistem operasi lebih anyar. Tidak sama seperti pemaksaan update W.8 kemarin, kali ini Microsoft benar-benar menekan para penggunanya agar beralih untuk menggunakan Windows 10 dan terus melakukan update secara rutin. Selain memberikan fitur yang lebih anyar, dalam setiap pembaruan tersebut tingkat keamanannya juga lebih ditingkatkan, sehingga celah keamanan perangkat bisa diperkecil ketimbang sebelumnya.

Melihat kasus Wannacry kemarin yang berdampak begitu besar terhadap pengguna Komputer, belum lama ini Microsoft telah memberikan peringatan terhadap pengguna OS Windows lama agar segera melakukan pembaruan sistem keamanan. Tentu saja peringatan ini bertujuan untuk mencegah pengguna dari serangan virus serta malware yang semakin luas peredarannya saat ini. Beda dari biasanya, untuk peringatannya kali ini hanya disarankan melakukan pembaruan sistem keamanan saja, bukan paksaan untuk melakukan update sistem operasi seperti biasanya.

Disebutkan Microsoft telah melakukan penambalan celah keamanan pada fitur Remote Desktop pada sistem operasi Windows XP, Windows 7, serta beberapa seri Windows Server yang mana hingga kini masih aktif dipakai oleh sejumlah kalangan. Sebagaimana informasi yang dilansir dari laman The Verge, untuk melakukan penambalan terhadap celah keamanan ini, pengguna harus melakukan pengunduhan pembaruan manual melalui halaman update Microsoft.

“Kerentanan keamanan ini bersifat pre-authentication dan tidak memerlukan adanya interaksi dengan pengguna. Sehingga malware yang mengeksploitasi celah ini dapat menyebar dari komputer ke komputer lain, sama seperti kasus WannaCry pada tahun 2017 silam,” seperti itulah yang dikatakan oleh Director of Incident Response di Microsoft Security Response Center. Dalam keterangannya lebih lanjut, disebutkan kalau Microsoft masih belum menemukan masalah seperti itu terjadi di Windows 7, XP atau yang lain. Pembaruan keamanan ini bertujuan untuk melakukan pencegahan saja agar pengguna bisa lebih aman dari hal-hal tidak diinginkan.

Sedangkan untuk pengguna sistem operasi Windows 8 dan Windows 10 tidak ada tanda-tanda soal celah keamanan tersebut, malware seperti wannacry tidak akan menyerang perangkat mereka. So, bagi kalian apakah masih ada yang pakai OS Windows 7, atau mungkin malah XP? Jika memang demikian, sangat disarankan untuk segera melakukan pembaruan karena banyak fitur dan sistem perlindungannya juga lebih ketat ketimbang OS lama.

Video Pilihan Gadget Empire Indonesia:

Softwares

More in Softwares

Google Play Store

Peneliti Keamanan ESET Temukan Spyware Baru di Play Store

Budy SulistiyantoAugust 25, 2019
Android 10 Smartphone

Beda dari Kebiasaan, Nih Nama Sistem Operasi Android Baru Google

Budy SulistiyantoAugust 23, 2019
HarmonyOS

Akhirnya Rilis Juga Sistem Operasi Pengganti Android dari Huawei

Budy SulistiyantoAugust 10, 2019
HongMengOS

3 Vendor Top China Ini Sudah Jajal OS Milik Huawei

Budy SulistiyantoJune 15, 2019
Huawei HongmengOS

Perusahaan Top China Bantu Huawei Ciptakan OS Baru, Xiaomi Salah Satunya

Budy SulistiyantoJune 13, 2019
Opera Browser

Opera Punya Ciptakan Browser Khusus Untuk Para Gamers

Budy SulistiyantoJune 12, 2019

shop giay nuthoi trang f5Responsive WordPress Themenha cap 4 nong thongiay cao gotgiay nu 2015mau biet thu deptoc dephouse beautifulgiay the thao nugiay luoi nu