Oppo

Perbandingan Oppo F7 dan F5, Duel Smartphone Selfie dengan Harga Terjangkau

Perbandingan Oppo F7 dan F5, Duel Smartphone Selfie dengan Harga Terjangkau

Gadget Empire – Perbandingan Spesifikasi Oppo F7 vs. Oppo F5 tentu menjadi ulasan menarik untuk memilih salah satu diantara produk OPPO Mobile. Demi mendongkrak popularitas yang semakin tinggi, OPPO tak ingin tertinggal dengan kompetitornya. Usai rilis F5 giliran F7 yang di bekali spesifikasi tinggi. Kedua perangkat ini merupakan smartphone desain modern yang sudah terjual di pasaran teknologi. Hanya saja, soal jeroan sangat berbeda sekali. Ini buktinya:

Jika dilihat dari tampilan luarnya, kedua Smartphone tidak berbeda untuk memampatkan teknologi dari In Plane Switching atau IPS sebagai panel LCD nya. Hanya saja luas layarnya beda tipis, yakni dengan 6.23 inchi super full screen pada Oppo F7 dan untuk Oppo F5 dengan layar 6.0 inci full screen display. Lapisan layar kedua perangkat ini sama-sama andalkan Corning Gorilla Glass versi 5 produksi perusahaan Corning yang sangat populer. Kelebihan dari gorilla glass yakni mampu menahan benturan yang terjadi pada ponsel pintar, sehingga permukaan tetap terkendali dan baik-baik saja.

Kedua smartphone Oppo ini sama-sama menampung dengan SIM ganda. Artinya pengguna bisa menampungkan kedua nomor dalam satu ponsel. Hanya saja, pengguna harus rela karena slot microSD tidak tersedia. Sebaliknya, jika pengguna masih menginginkan microSD tetap tersedia pada perangkat maka mereka hanya memungkinkan menggunakan SIM1 saja. Semua alasan ini lantaran model slot yang di manfaatkan adalah hybrid SIM. Pada dasarnya model hybrid hanya tetap menyediakan ruang satu saja untuk card slot SIM, dan SIM2 menindih pada ruang microSD.

Jika membicarakan soal multitaskingnya, sebagai perangkat generasi terbaru Oppo F7 di bekali dengan ruang penyimpanan lebih besar dari sebelumnya. Apabila F5 membawa internal storage 32 GB maka F7 adalah 64 GB yang sangat memadai sekali sebagai ruang menyimpan berbagai file atau dokumen penting lainnya. Untuk perluasan kapasitas internal, keduanya mendukung sekali hingga 256 GB external memory.

Sumber Unbox PH

Sumber Unbox PH

Dengan sokongan serta RAM 4 GB baik untuk Oppo F7 maupun Oppo F5 yang di kombinasikan dengan kemampuan daya tampung memory super besar, maka pengguna lebih leluasa memanfaatkan ponsel Oppo. Salah satunya adalah kemudahan dalam menjalankan aplikasi yang ada hingga dengan kualitas besar. Khususnya bagi gamer semua, bermain Mobile Legends atau Mobile Arena menjadi lebih mudah dan nyaman tanpa harus nge-lag.

Teknologi jaringan pada kedua smartphone Oppo sudah menggunakan 4G LTE. Sehingga untuk berinteraksi dengan internet menjadi lebih mulus dan cepat. 4G adalah jaringan generasi dari 3G dan 2G band yang memberikan kemudahan pengguna untuk berselancar. Perbandingan dari kedua perangkat Smartphone Oppo ini bisa dilihat dari kinerja masing-masing ponsel. Tentu saja hasil kerja pada F7 jauh lebih bagus mengingat CPU serta GPU yang di andalkan cukup bertenaga sekali. Oppo F7 mempercayakan semua pada MediaTek Helio P60 Octa Core dan Mali G72 Mp3. Sedangkan Oppo F5 masih setia dengan MediaTek Helio P23 Octa Core dan Mali G71.

Untuk dimensi dari kedua smartphone ini masih tetap sama, 156,5 x 76 x 75 m di kemas menjadi barang rupawan berkat material metal. Saat ini ponsel modern nan cantik selalu identik dengan balutan metal design yang lebih dinamis dan kokoh. Metal memberikan style lebih elegan dan kuat, bahkan ketika terjatuh sekalipun smartphone berbahan metal lebih terjaga di bandingkan dengan smartphone berbody plastic. Apalagi Oppo adalah produsen teknologi yang telah mendunia popularitasnya, tentu saja dalam menciptakan produk tidak setengah-setengah.

Satu hal penting lainnya dari Duel Oppo F5 dan F7 ini yaitu terletak pada sistem operasi yang di gunakan. Sebagai perangkat yang dirilis pada tahun lalu, F5 sudah cukup mumpuni menjalankan sistem operasi Android Nougat (7.0), dan sekarang ini sebagai sentuhan baru perusahaan Oppo, F7 makin canggih dengan kelenturan performa dari Android Oreo. Sebetulnya kedua pilihan ponsel Oppo ini sama-sama update dalam OS terbaru, hanya saja seiring berjalannya waktu dan perilisan yang tidak sama membuat keduanya tidak secara bersamaan bisa mencicipi kerenyahan dari Android versi 8.

Sumber news18

Sumber news18

Dilihat dari performanya, jelas antara Android Nougat dan Android Oreo berbeda. Tetapi jika di lihat dari tampilannya, kedua versi tidak mempunyai perubahan yang signifikan. Homescreen antara Android nougat maupun Oreo. Hanya saja jika di perhatikan betul, ikon homescreen pada smartphone dengan Android 8 lebih simple dan efisien yang masih saja tebal berkat adaptive icon. Sementara untuk background pop-up, perubahan terjadi secara signifikan. Android Oreo mempunyai tampilan pop-up notification dengan latar belakang putih dan untuk warna hurufnya adalah hitam. Sedangkan Android Oreo kebalikannya, warna hitam untuk latar notifikasi pop-up dan warna hurufnya adalah putih.

Bicara soal fotografi, saat ini perkembangan gaya hidup masyarakat bergantung pada kamera yang di gunakan. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut semua produsen ponsel menciptakan perangkat dengan kamera mempesona, salah satunya yaitu Oppo. Bisa di lihat Perbandingan Spesifikasi Oppo F7 dan Oppo F5 pada sektor ini, kualitas megapiksel yang ada lebih berkualitas untuk F7. Untuk kamera utama, keduanya masih sama-sama andalkan 16 MP f/1.8 w/ LED Flash. Namun, untuk menunjang selfie pengguna Oppo memikat dengan kehadiran F7 yang di bekali hingga 25 Mp dengan bukaan f/20 yang di lengkapi serta teknologi Al beauty 2.0. Sedangkan kamera depan Oppo F5 adalah 20 MP dengan bukaan f/20 teknologi Al beautification dan screen flash.

Selanjutnya teknologi pengaman perangkat yang di andalkan, Oppo tawarkan penggunaan fitur fingerpint sampai dengan face unlock. Fingerprint merupakan salah satu fungsi keamanan yang cukup akurat pada smartphone. Cara kerjanya adalah dengan mengidentifikasi sidik jari seseorang secara akurat dan merekamnya lalu menyimpan. Sehingga tidak semua orang bisa mengakses perangkat apabila kunci layar yang di gunakan adalah sensor sidik jari ini. Selanjutnya untuk Face Unlock, fitur ini adalah teknologi pengenalan wajah yang di gunakan untuk mengunci layar lebih aman. Sama seperti iPhone X, fitur face unlock atau fitur face ID tetap mempunyai kelemahan.

Sumber Zee Business

Sumber Zee Business

Perbandingan lain dari kapasitas baterai, Oppo F7 di sokong dengan baterai lebih besar yakni 3.400 mAh dan untuk Oppo F5 hanya dengan kapasitas 4.200 mAh. Sehingga bisa di simpulkan, model mana yang lebih awet untuk penggunaan sehari-hari. Tentu saja F7 lebih menjamin penggunaan dalam siaga ataupun standby-time lebih awet. Bahkan pada F5 tidak di lengkapi dengan fitur fast charging layaknya F7, yakni sebuah fitur yang mampu membantu pengisian daya lebih cepat dan efisien.

Model baterai keduanya adalah non-removable, sehingga akan sedikit sulit apabila baterai atau ponsel mengalami error. Karena baterai tersebut tidak bisa di lepas, sudah menyatu dengan ponsel. Warna-warna cantik yang di tawarkan adalah hitam dan gold pada F5 dan untuk Oppo F7 dengan ragam pilihan warna merah, silver, diamond black. Bagi pengguna yang ingin bergaya lebih trendy bisa memilih Oppo F7 dan untuk segmentasi kelas menengah bisa memilih model Oppo F5 yang tetap kece.

Harga untuk Oppo F7 yakni Rp. 5 jutaan dan Oppo F5 dengan Rp. 3.8 jutaan. Adapun masing-masing kelebihan dari smartphone Oppo tersebut adalah sebagai berikut:

  • Oppo F7: Desain ciamik dengan bodi metal dan dapat dukungan update OS terbaru Android 8 yang mengandalkan kekuatan daya 3400 mAh dan harga lebih mahal.
  • Oppo F5: Elegan design harga lebih terjangkau menjalankan sistem operasi android nougat.

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Oppo

More in Oppo

Ryan Chen, Head of the Software Research Center of the OPPO Research Institute

Hyper Boost, Teknologi Baru yang Bisa Bikin Smartphone OPPO Makin Cepat

Budy SulistiyantoOctober 12, 2018
OPPO F7 Youth

OPPO F7 Youth Dapatkan Diskon Besar, Ini Harganya Sekarang

Budy SulistiyantoOctober 4, 2018
OPPO Find X Front

OPPO Find X Nongol di TENAA dengan RAM 10GB, Ini Buktinya!

Budy SulistiyantoSeptember 28, 2018
Oppo F9 Starry Purple Back

Resmi, Berikut Harga 2 Model OPPO F9 Starry Purple di Indonesia

Budy SulistiyantoSeptember 19, 2018
OPPO F9 Starry Purple

Hanya di Shopee! Beli OPPO F9 Starry Purple Bonus JBL Speaker dan Voucher

Budy SulistiyantoSeptember 17, 2018
OPPO F9

Sukses! OPPO F9 Lebih Laris Manis Dibandingkan F7

Budy SulistiyantoAugust 31, 2018

Review OPPO F9, Tampilan Cantik Berteknologi Fast Charging

Budy SulistiyantoAugust 25, 2018

Resmi Rilis di Indonesia, Ini Dia Harga dan Jadwal Pre-order OPPO F9

Budy SulistiyantoAugust 23, 2018
OPPO R17 Pro

OPPO Siapkan R17 Pro dengan 3 Kamera Berteknologi ToF 3D Untuk Saingi Galaxy S9+

Budy SulistiyantoAugust 19, 2018

shop giay nuthoi trang f5Responsive WordPress Themenha cap 4 nong thongiay cao gotgiay nu 2015mau biet thu deptoc dephouse beautifulgiay the thao nugiay luoi nu