Games and Apps

Peneliti Keamanan ESET Temukan Spyware Baru di Play Store

Peneliti Keamanan ESET Temukan Spyware Baru di Play Store

GadgetEmpire – Sistem keamanan yang dimiliki oleh Google telah mengalami peningkatan setiap waktunya. Bahkan kalau dibandingkan dengan 3 sampai 4 tahun sebelumnya, layanannya kini jauh lebih aman dan sulit sekali untuk diretas. Meski demikian tetap ada celah yang bisa dimanfaatkan oleh orang tak bertanggung jawab dan mahir dalam bidang seperti ini untuk mendapatkan keuntungan pribadi. Seperti yang telah ditemukan oleh peneliti keamanan ESET belum lama ini di layanan toko aplikasi milik Google, Play Store.

Mungkin kalian sudah pada mengetahuinya kalau layanan Play Store itu sudah dilengkapi dengan layanan keamanan berlapis Play Protect, sehingga bisa menyaring beberapa aplikasi berbahaya yang mau masuk ke toko aplikasi tersebut ataupun ketika terpasang di perangkat pengguna. Akan tetapi dalam laporan peneliti keamanan ESET ini menyatakan kalau Spyware bernama AhMyth bisa menembus dua kali proses pemeriksaan yang telah dilakukan oleh Google Play Store.

Untuk Spyware ini telah menginfeksi terhadap aplikasi bernama Radio Balouch yang merupakan aplikasi asli para pengguna layanan Balouchi. Meski ini merupakan aplikasi asli yang memiliki penerbit terdaftar, namun tetap berbahaya dikarenakan terkandung malware pengintai di dalamnya. Melansir dari The Next Web, ada keunikan dalam penyusupan spyware ini, yakni kode yang digunakan sudah tersedia di GitHub yang merupakan proyek open source sejak tahun 2017 silam.

Ketika aplikasi ini dibuka nantinya akan diminta beberapa akses ke bagian tertentu yang berhubungan dengan data ponsel penggunanya, mulai dari kontak, file dan sebagainya. Kemudian untuk informasi ini nantinya dikirimkan ke sebuah server yang berada di radiobalouch.com, dimana kini sudah tidak aktif lagi. Nah, pengirimannya ini melalui koneksi HTTp yang tidak terlindungi sehingga data pengguna bisa saja bocor di tengah jalan dan diakses oleh pihak lain.

Video Pilihan GadgetEmpire Indonesia:

Games and Apps

More in Games and Apps

Huawei HongmengOS

Perusahaan Top China Bantu Huawei Ciptakan OS Baru, Xiaomi Salah Satunya

Budy SulistiyantoJune 13, 2019
Opera Browser

Opera Punya Ciptakan Browser Khusus Untuk Para Gamers

Budy SulistiyantoJune 12, 2019
game Avengers

Square Enix Pastikan Game Avengers Rilis Awal Tahun 2020

Budy SulistiyantoJune 11, 2019
Huawei Dilarang Facebook

Huawei Tidak Bisa Pasang WhatsApp, Facebook dan Instagram Lagi

Budy SulistiyantoJune 8, 2019
WhatsApp Facebook Instagram

Kata Menkominfo Soal WhatsApp, Facebook dan Instagram yang Down Hari Ini

Budy SulistiyantoMay 22, 2019
Free Fire 2

Ada Turnamen Free Fire dengan Total Hadiah Rp 6 Juta, Ikutan Yuk!

Budy SulistiyantoMay 11, 2019

shop giay nuthoi trang f5Responsive WordPress Themenha cap 4 nong thongiay cao gotgiay nu 2015mau biet thu deptoc dephouse beautifulgiay the thao nugiay luoi nu