Android

Pakai Aplikasi Google Ini, Browsing Makin Lancar dan Hemat Internet

Pakai Aplikasi Google Ini, Browsing Makin Lancar dan Hemat Internet

Gadget Empire – Setelah memberikan peningkatan pada beberapa layanannya dengan memberikan sejumlah fitur baru, kini Google kembali diketahui telah memperkenalkan sebuah aplikasi baru di Indonesia dalam agenda “Google for Indonesia” yang berlangsung di Jakarta. Adapun aplikasi yang dihadirkan ini adalah Google Go untuk melengkapi deretan aplikasi ‘Hemat’ lain buatannya seperti Youtube Go, Files Go, dan Assistant Go yang sudah ada lebih dulu. Aplikasi Google dengan embel-embel ‘GO’ ini sendiri memang dirancang dengan lebih ringan dibanding aplikasi standar agar bisa lebih irit. Sebagaimana yang disampaikan oleh Product Management Director Google Search, Kentaro Tokusei saat peluncuran aplikasi tersebut bahwa aplikasi tersebut juga didukung dengan teknologi AI. “Kami meluncurkan Google, aplikasi terbaru dengan dukungan AI (kecerdasan buatan) yang dirancang khusus untuk pengguna baru internet di Smartphone,” jelasnya.

Yang disebut sebagai pengguna baru ini adalah mereka yang beralih dari features phone dan beralih ke Smartphone. Pasalnnya, aplikasi Google Go ini memang membidik segmen Smartphone kelas menengah yang memiliki spesifikasi rendah. Perlu diketahui bahwa aplikasi ini hanya memiliki ukuran file 5 MB dan bisa menghemat data hingga 40 perse ketika digunakan untuk melakukan pencarian. Dengan ukuran kecil, Smartphone dengan ruang penyimanan kurang dari 1 GB akan tetap bisa memasang aplikasi Google Go.

Selain itu, pengguna juga bisa melakukan pencarian dengan mudah meskipun berada di daerah dengan koneksi jaringaan 2G atau saat jaringan internet tidak stabil. Bahkan, jika jaringan terputus, maka Google Go akan mengingat dan mengambil hasil penelusuran untuk ditampilkan ketika pengguna online kembali. Aplikasi ini sendiri akan dibagi menjadi 13 kategori seperti Berita, Olahraga, Pendidikan, Lowongan dan sebagainya, jadi pengguna bisa menemukan berita terhangat yang sedang trending dengan cara menggeser ke kanan dan menemukannya dalam menu ‘Discover’.

Meskipun aplikasi ini dikhususkan untuk segmen kelas menengah ke bawah, namun tidak menutup kemungkinan untuk perangkat kelas menengah dan atas di tempat pengunduhan yang sama. Dan perlu diketahui bahwa Google juga bekerjasama dengan Wikipedia, sehingga aplikasi tersebut mampu menyediakan konten berbahasa Indoesia lebih banyak. Namun Google akan mengidentifikasi artikel Wikipedia yang relevan akan tetapi hanya tersedia dalam Bahasa Inggris. Google juga akan memanfaatkan sistem neural machine engine translation untuk menerjemahkan artikel tersebut secara kalimat utuh dan bukan per kata, dan nanti hasilnya akan muncul dalam laman pencarian Goole Search.

Video Pilihan Gadget Empire Indonesia:

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Android

More in Android

Huawei Smartphone Tes

Google Hentikan Kerjasama, Seperti Apakah Nasib Smartphone Huawei?

Budi SulistyantoMay 20, 2019
Android Q Phone

Xiaomi Umumkan 2 Smartphone Pertamanya yang Kebagian Android Q

Budi SulistyantoMay 12, 2019
Android Q

Android Q Bakal Adopsi Fitur Khas iPhone Ini?

Budi SulistyantoApril 7, 2019
Android BOT

Awas! Format Foto PNG Ternyata Bahaya Untuk Pengguna Android

Budi SulistyantoFebruary 10, 2019
Fuchsia Android

Jangan Khawatir! OS Masa Depan Google Masih Dukung Aplikasi Android

Budi SulistyantoJanuary 3, 2019

3 Smartphone ASUS Zenfone 5 Series Ini Segera Dapat Update Android Pie

Budi SulistyantoNovember 22, 2018

shop giay nuthoi trang f5Responsive WordPress Themenha cap 4 nong thongiay cao gotgiay nu 2015mau biet thu deptoc dephouse beautifulgiay the thao nugiay luoi nu