Samsung

Mengejutkan! Xiaomi Sukses Susul Samsung dan Jadi No. 2 Terbaik di Indonesia

Mengejutkan! Xiaomi Sukses Susul Samsung dan Jadi No. 2 Terbaik di Indonesia

Gadget Empire – Selain peluncuran Duo Smartphone kelas menengah kebawah andalannya di Indonesia, Xiaomi kemarin lalu juga mengungkap kalau pihaknya telah menjadi brand paling besar di Tanah Air dan hanya memiliki selisih pangsa pasar yang tipis dengan Samsung. Steven Shi selaku menjadi Country Manager Xiaomi Indonesia pada saat peluncuran Redmi 6 dan Redmi 6A kemarin lalu telah mengungkap kalau posisi vendor kedua Xiaomi ini realita berdasarkan hasil riset pasar yang dilakukan oleh Counterpoint dan Canalyst. Dan data tersebut ternyata juga sejalan dengan apa yang telah di laporkan oleh International Data Corporation (IDC).

Melalui data risetnya, IDC menyebut kalau pengiriman Smartphone dari berbagai vendor ke Indonesia mencapai 9.4 juta unit pada kuartal kedua tahun 2018, ini merupakan pengiriman tertinggi yang pernah tercatat di Indonesia. Dan dari jumlah tersebut, Xiaomi telah mendapatkan pangsa pasar sebesar 25%, ini 22% lebih besar dibandingkan Quartal sebelumnya dan 18% lebih tinggi dibanding tahun sebelumnya. Selain itu, dari 9.4 juta unit ini sebanyak 85% berasal dari Top 5 Brand yang tengah bergejolak di Tanah Air, khususnya Xiaomi yang mengalami peningkatan begitu pesat.

“Xiaomi, yang menghadapi berbagai tantangan pertumbuhan di masa lalu, telah muncul menjadi kuda hitam di pasar smartphone Indonesia, menjadi pemain terbesar kedua setelah Samsung. Berbeda dengan strategi OPPO dan vivo, Xiaomi, meskipun minim kampanye pemasaran dan tipis margin untuk para mitra distributornya, mampu memasok handset dengan harga kompetitif dengan rasio –harga-spek ke pasar, memberikan konsumen nilai lebih untuk uang mereka. Dengan strategi ini, Xiaomi secara bertahap terjebak dan memperoleh peningkatan mindshare sevara signifikan dan pangsa pasar,” seperti itulah yang diungkap oleh Risky Febrian selaku menjabat sebagai Analis Pasar IDC Indonesia.

Sumber Image IDC

Disisi lain, untuk nilai jual rata-rata produk OPPO dan Vivo sekitar US$ 200, sedangkan untuk Xiaomi berada pada kisaran US$ 130 sehingga harga yang terjangkau ini termasuk salah satu strateginya yang sukses. Selain itu, Xaomi juga tidak ingin banyak berkampanye dan lebih memprioritaskan Dunia Internet sebagai pemasarannya seperti Flash Sale, kerjasama dengan e-commerce setempat, mobile gaming, hingga dukungan yang terus diberikan kepada para fans-nya.

Selain Xiaomi, Advan juga menjadi salah satu brand yang diunggulkan sebab vendor lokal ini masih bertahan di posisi 5 besar Top Brand Indonesia pada kuartal kedua tahun 2018 ini. Selisihnya dengan Xiaomi yang begitu tipis yakni hanya 2% saja, membuat posisi Samsung semakin terancam sehingga perusahaan asal Korea Selatan ini mulai mempersiapkan senjata baru untuk menghadapi vendor asal Tiongkok yang semakin merajalela.

Video Pilihan Gadget Empire Indonesia:

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Samsung

More in Samsung

Samsung Galaxy S10 with coffe

Diam-Diam, Samsung Perbaiki Jepretan Bokeh Galaxy S10

Budi SulistyantoJune 11, 2019
All Brand Smartphone

5 Vendor Smartphone Paling Laris di Dunia Saat Ini

Budi SulistyantoJune 8, 2019
Samsung case Avengers

Samsung Hadirkan Case Avengers Untuk Galaxy A40, A50, dan A70

Budi SulistyantoJune 2, 2019
layar Samsung Galaxy Note 10

Bocoran Tampilan Samsung Galaxy Note 10 yang Mulus Tanpa Tombol

Budi SulistyantoJune 2, 2019
Samsung Galaxy M40

Bos Samsung Ungkap Spesifikasi dan Harga Galaxy M40 yang Segera Rilis

Budi SulistyantoMay 31, 2019
Samsung Galaxy S10 Update

Sepekan Berselang, Update Software Galaxy S10 Ditarik Lagi

Budi SulistyantoMay 29, 2019

shop giay nuthoi trang f5Responsive WordPress Themenha cap 4 nong thongiay cao gotgiay nu 2015mau biet thu deptoc dephouse beautifulgiay the thao nugiay luoi nu