Smartphone

Membandingkan Xiaomi Redmi 6 dan Redmi 5, Mirip Banget?

Membandingkan Xiaomi Redmi 6 dan Redmi 5, Mirip Banget?

Gadget Empire – Baru-baru ini perusahaan Xiaomi secara resmi telah meluncurkan kedua perangkat Smartphone buatannya ke Indonesia, yakni Xiaomi Redmi 6 dan Redmi 6A. Walaupun ponsel ini sudah meluncur sejak Juni 2018 kemarin, tapi masih layak bersaing dengan perangkat lainnya di Indonesia. Hadir sebagai generasi penerus dari Redmi 5, sewajarnya spesifikasi dan fitur yang ditanamkan pada Redmi 6 lebih meningkat. Akan tetapi tidak semuanya mengalami peningkatan loh guys, lantas bagian mana saja yang telah mengalami peningkatan? Berikut pembahasan selengkapnya.

  • Desain

Untuk masalah desain antara Xiaomi Redmi 6 dan Redmi 5 cukup mirip. Akan tetapi untuk Redmi 6 ini telah hadir dengan ukuran panjang body lebih pendek dan ketebalan lebih besar yakni mencapai 8.3mm. Sedangkan untuk Redmi 5 memiliki ketebalan sebesar 7.8mm saja. Kemudian di bagian belakangnya, Redmi 6 sudah dihiasi dengan dual kamera utama sedangkan Redmi 5 masih dibekali dengan single kamera.

  • Layar

Xiaomi Redmi 6

Redmi 6 Screen; Sumber Image UnboxPH

Meski hadir lebih modern, akan tetapi untuk panel layarnya telah mengalami pemangkasan dimana Redmi 6 hanya hadir dengan layar seluas 5,45 inci beresolusi HD+. Sedangkan untuk Redmi 5 hadir dengan layar seluas 5,7 inci dengan resolusi yang sama.

  • Chipset

Xiaomi Redmi 6 maupun Redmi 5 sama-sama hadir dengan chip octa-core. Akan tetapi untuk jenis chip yang digunakan berbeda dimana Redmi 6 telah dipacu dengan chip MediaTek Helio P22 berkecepatan 2.0GHz fabrikasi 12nm, sedangkan untuk Redmi 5 hadir dengan chip Snapdragon 450 yang memiliki clockspeed 1.8GHz fabrikasi 14nm. Memang sih keduanya sama-sama memiliki performa yang baik untuk melakukan berbagai aktivitas, akan tetapi Helio P22 diklaim lebih hemat daya jika dibandingkan dengan Snapdragon 450.

  • Kamera

Seperti yang telah diungkap pada bagian desain, Xiaomi Redmi 6 telah hadir dengan setup dual kamera belakang, dan resolusi masing-masing lensanya yakni sebesar 13MP + 5MP, sehingga Smartphone ini sudah bisa menghasilkan jepretan dengan efek bokeh maksimal. Kemudian untuk Redmi 5 hanya hadir dengan single kamera beresolusi 13MP. Dan kamera depannya sama yakni sebesar 5MP, akan tetapi Redmi 6 lebih unggul karena kameranya sudah dilengkapi dengan fitur AI Portrait dan AI Beautify.

  • Baterai dan Fitur Lain

Meski chip lebih hemat daya, namun sepertinya hal itu tidak akan begitu terasa lantaran kapasitas baterai yang tertanam juga lebih kecil yakni hanya 3.000 mAh saja. Sedangkan untuk Redmi 5 hadir dengan baterai berkapasitas 3.300mAh dan sudah dilengkapi dengan fitur fast charging. Sedangkan untuk Redmi 6 tidak dilengkapi fitur pengisian daya cepat sehingga waktu yang dibutuhkan untuk mengisi daya lebih lama.

Selain itu Redmi 6 juga tidak dilengkapi dengan infrared, padahal untuk fitur ini sudah menjadi seperti kebutuhan sebagian besar penggunanya, terkhusus pengguna Xiaomi.

  • Harga

Sedangkan untuk harganya sendiri tidak terlalu jauh berbeda antara Xiaomi Redmi 6 dan Redmi 5, untuk model RAM 3GB/ROM 32GB dibanderol Rp 1.8 jutaan untuk Redmi 5, sedangkan Redmi 6 ditawarkan dengan harga Rp 1.9 jutaan. Dan untuk model RAM 4GB/ROM 64GB Redmi 5 ditawarkan dengan harga Rp 1.2 jutaan, dan untuk Redmi 6 Rp 2.4 jutaan.

Video Pilihan Gadget Empire Indonesia:

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Smartphone

More in Smartphone

Huawei Mate 20 Camera

Terungkap, Harga Huawei Mate 20 Setara iPhone XS Series?

Budi SulistyantoOctober 14, 2018

Samsung Ungkap Ciri Smartphone Layar Lipat Perdananya

Budi SulistyantoOctober 14, 2018
Nokia 8

6 Smartphone Ini Turun Harga Lagi, Ada yang Anjlok Sampai Rp 1 Juta

Budi SulistyantoOctober 13, 2018
Huawei Connect 2018

Huawei Resmi Luncurkan Chip AI IP Pertama di Dunia “Ascend”, Fungsinya?

Budi SulistyantoOctober 13, 2018
Ryan Chen, Head of the Software Research Center of the OPPO Research Institute

Hyper Boost, Teknologi Baru yang Bisa Bikin Smartphone OPPO Makin Cepat

Budi SulistyantoOctober 12, 2018
Samsung Galaxy A7 3 Camera

Ponsel 3 Kamera Belakang Galaxy A7 Sudah Bisa Dipesan di Indonesia, Ini Harganya

Budi SulistyantoOctober 11, 2018
Nokia 5.1 Plus

HMD Global Pastikan Nokia 5.1 Plus Masuk Indonesia Bulan Ini

Budi SulistyantoOctober 11, 2018
Samsung Galaxy A9 Release

Samsung Resmi Rilis Galaxy A9, Smartphone 4 Kamera Belakang Pertama di Dunia

Budi SulistyantoOctober 11, 2018
iOS 12 Update

iOS 12.01 Sudah Digulirkan, Tapi Masalah Ini Masih Tetap Ada di iPhone XS Series

Budi SulistyantoOctober 10, 2018

shop giay nuthoi trang f5Responsive WordPress Themenha cap 4 nong thongiay cao gotgiay nu 2015mau biet thu deptoc dephouse beautifulgiay the thao nugiay luoi nu