Cameras

Membandingkan Kamera Mirrorless Full Frame Nikon Z7 Vs Canon EOS R

Membandingkan Kamera Mirrorless Full Frame Nikon Z7 Vs Canon EOS R

Gadget Empire – Belum lama ini Canon dan Nikon sama-sama luncurkan kamera mirrorless full frame pertamanya yang memiliki keunggulan di bidang-nya masing-masing. Untuk Canon telah luncurkan kamera bernama EOS R, sedangkan untuk Nikon hadirkan kamera Z7. Dikarenakan sama-sama memprioritaskan sistem full frame, maka spesifikasi antara kedua kamera ini tidak terlalu jauh berbeda sehingga pecinta photography akan mengalami sedikit kebingungan jika disuruh memilih antara kedua kamera tersebut.

Dari informasi yang berhasil dirangkum dari Tech Radar, ternyata perbedaan kedua kamera premium ini terlihat begitu jelas. Pada bagian pertama mengenai resolusinya dimana untuk Canon EOS R memiliki sensor sebesar 31.7MP, sedangkan untuk Z7 memiliki sensor sebesar 45MP. Akan tetapi jangan salah paham terlebih dahulu sebab EOS R walaupun menggunakan sensor beresolusi kecil, namun sudah dibekali dengan fitur filter low-pass yang tidak dimiliki oleh Z7.

Kemudian untuk diameternya, Nikon menggunakan lens mount 55mm, ukuran ini beda tipis dengan milik Canon yang hadir dengan RF Mount berukuran 54mm. Lalu, Nikon Z7 hadir dengan membawa sensor-based stabilization, sedangkan Canon EOS R tidak. Untuk Image Stabilization di lensa, Canon menghadirkannya di dua dari empat lensa yang ada pada EOS R, dan 2 lensa tersebut diantarany ayakni Canon RF 35mm f/1.8 STM Macro dan Canon RF 24-105mm f/4L IS USM. Lalu ISO Range Z7 ini berada pada ISO64 hingga 25.600, sedangkan untuk Canon berada pada ISO 100 sampai 40.000.

Canon EOS R

Canon EOS R; Sumber Image Canon

Untuk bagian layar, keduanya sama-sama menggunakan panel LCD 2.1 juta dots, akan tetapi layar Z7 ini memiliki ukuran yang lebih besar yakni seluas 3.2 inch, sedangkan untuk EOS R hadir dengan ukuran 3,15 inci. Kemudian layar dari camera terbaru Nikon ini dapat diputar keatas dan kebawah, sedangkan Canon bisa digeser ke banyak arah layaknya EOS 6D Mark II. Dengan begitu camera Canon ini memungkinkan untuk digunakan selfie dan juga vlog.

Dan untuk performa baterai cukup berbeda dimana Z7 mampu melakukan pengambilan gambar hingga 330 frame dalam sekali pengisian daya, sedangkan untuk EOS R mampu mengambil gambar hingga 350 frame memakai EVF dan 370 frame dengan LCD. Akan tetapi kalau mode power saving diaktifkan, maka jumlah frame yang didapat yakni 430 hingga 450 frame. Terakhir, untuk urusan harganya Z7 dibanderol senilai US$ 3.999,5 atau setara dengan Rp 58,5 jutaan & Z6 dijual seharga US$ 2.599,95 atau sama dengan Rp 28 jutaan. Kemudian untuk Canon EOS R dibanderol senilai US$ 2.999 atau sekitar Rp 44 juta (Body Only).

Video Pilihan Gadget Empire Indonesia:

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Cameras

More in Cameras

GoPro Hero 7 Blac

GoPro Hero 7 Black Resmi Meluncur dengan Fitur Hypersmooth, Fungsinya?

Budi SulistyantoSeptember 22, 2018

Kamera Mirrorless “Full-Frame” Nikon Z6 dan Z7 Resmi Dirilis, Ini Harganya!

Budi SulistyantoAugust 25, 2018
Nikon Mirrorless Full Frame

Nikon Siapkan Sensor Kamera Mirrorless “Full Frame”, Bakal Secanggih Apa?

Budi SulistyantoAugust 21, 2018

FujiFilm Hadirkan Kamera Mirrorless Electronic Viewfinder X-T100 ke Indonesia

Budi SulistyantoMay 29, 2018

Zenmuse XT2 dan Drone DJI Matrice Resmi Diluncurkan

Budi SulistyantoMay 25, 2018

shop giay nuthoi trang f5Responsive WordPress Themenha cap 4 nong thongiay cao gotgiay nu 2015mau biet thu deptoc dephouse beautifulgiay the thao nugiay luoi nu