Android

Ketahui Yuk Kelebihan dan Kekurangan Android Pie

Ketahui Yuk Kelebihan dan Kekurangan Android Pie

Gadget Empire – Banyak kalangan yang sudah menunggu kehadiran sistem operasi terbaru dari Google bernama Android P. Sebenarnya OS ini sudah dikenalkan oleh Google sejak beberapa bulan lalu pada event tahunannya bernama Google I/O 2018. Akan tetapi pada saat itu hanya sebagian fiturnya saja yang diungkap, sedangkan untuk nama “P” yang sebenarnya masih misterius. Dan pada akhirnya kemarin secara resmi Google meluncurkan Android V9.0 P alias Android Pie.

Saat ini memang masih belum banyak perangkat Smartphone yang mendapatkan dukungan update untuk menjalankan sistem operasi Android Pie ini. Mungkin perangkat kalian juga belum mendapatkan dukungan update, namun alangkah lebih baik kita mengetahui terlebih dahulu kelebihan dan kekurangan Android Pie ini.

  • Kelebihan Android Pie

Untuk kelebihan utama yang dimiliki oleh Android Pie ini adalah adanya fitur AI Powered Adaptive Battery di perangkat yang mendukungnya. Dengan adanya fitur tersebut, perangkat yang menjalankannya akan lebih hemat daya sehingga pengguna mampu menggunakan Smartphone miliknya dalam durasi yang lebih lama. Teknologi kecerdasan buatan ini nantinya akan mengenali setiap aplikasi yang terpasang dimana sistem akan memberikan daya yang cukup terhadap aplikasi yang sering digunakan dan akan menyalurkan baterai jauh lebih sedikit terhadap aplikasi yang jarang digunakan.

Adaptive Battery

Sumber Image androidheadlines

Kemudian untuk fitur keren yang ada di Android Pie selanjutnya yaitu Apps Action. Fitur ini nantinya akan mempermudah penggunanya untuk menjalankan beberapa proses keseharian, di waktu yang hampir bersamaan. Contohnya yakni ketika Anda sering membuka Google News di pagi hari, maka di lain waktu sistem akan memberikan notifikasi Google News di pagi hari supaya pengguna dapat membukanya dengan mudah.

Selain itu, Android Pie juga memberikan pengalaman multitasking lebih mudah dan cepat berkat adanya fitur Quick Text Selection, fungsinya yakni pengguna dapat memilih beberapa teks dan menyalinnya dalam layar multitask, kemudian menyalinnya ke aplikasi lain. Biasanya kita harus keluar masuk aplikasi terlebih dahulu untuk input text.

Pada sistem operasi terbaru dari Google ini juga memiliki fitur Slices. Untuk fitur ini nantinya akan menampilkan informasi yang relevan dari suatu aplikasi kalau memang diperlukan. Selain itu tombol virtual home tunggal juga jauh lebih sederhana. Ini nantinya akan memberikan pengalaman layar yang benar-benar penuh untuk Smartphone dengan ukuran layar bezel less. Dan ada juga beragam fitur Digital Wellbing, namun fitur ini sementara hanya untuk Google Pixel Series terbaru saja.

  • Kekurangan Android Pie

Diperkirakan perubahan besar yang terjadi pada Android Pie ini nantinya akan menuai banyak keluhan ketika sudah banyak perangkat Smartphone yang mendapatkan dukungan update OS terbaru dari Google tersebut. Salah satu perubahan desain baru yang akan meresahkan pengguna Smartphone Android adalah perpindahan tombol pengaturan di Notification Shade. Tombol pengaturan akan dipindahkan ke bagian bawah sehingga pengguna perlu menggeser layar kebawah 2x terlebih dahulu baru menemukan tombol tersebut. Ribet kan?

Android Pie Digital Welling

Sumber Image BBC

Kemudian untuk gesture perdana yang diterapkan Google pada Android Pie ini juga masih jauh dari kata sempurna, jika dilihat fungsinya sama persis dengan apa yang diterapkan pada iPhone X. Dengan begitu pengguna fanatik Android merasa fungsi seperti ini tidak bisa mempercepat proses, melainkan malah memperlambat pengoperasian perangkat. Bisa dibilang sistem kendali gesture yang dihadirkan pada Android Pie ini masih setengah matang dan perlu pengolahan lebih banyak lagi di kemudian hari.

Bahkan kemungkinan paling buruk yang akan terjadi adalah para pengguna nantinya tidak akan dapat merasakan sensasi fitur Android Pie secara penuh lantaran setiap vendor sudah melakukan beberapa perubahan (menambah dan mengurangi) sistem operasi tersebut supaya sesuai dengan perangkat Smartphone besutannya, kecuali untuk produk Android One yang selalu dijalankan dengan sistem operasi murni dari Google.

Kesimpulannya yaitu memang perusahaan Google sudah berusaha dengan sebaik mungkin untuk menghadirkan berbagai fitur canggih dan modern agar sesuai dengan perangkat Smartphone keluaran terbaru. Dan baik atau tidaknya Android Pie ini tergantung setiap pengguna bagaimana ia menerima perubahan yang terjadi. Bagaimana kalau menurut kalian?

Video Pilihan Gadget Empire Indonesia:

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Android

More in Android

Facebook Messenger

Facebook Messenger Bakal Punya Fitur Hapus Pesan Terkirim Juga, Ini Buktinya!

Budi SulistyantoOctober 14, 2018
Instagram

Jelajahi Linimasa Instagram Jadi Begini, Setuju?

Budi SulistyantoOctober 13, 2018
WhatsApp

Iklan Sudah Mulai Sambangi WhatsApp Android

Budi SulistyantoOctober 9, 2018
Nokia Android Pie

4 Smartphone Nokia Ini Siap Terima Update Android Pie Mulai Bulan Ini!

Budi SulistyantoOctober 6, 2018
WhatsApp Android

Pengguna Android Bisa Nonton YouTube Langsung di WhatsApp

Budi SulistyantoOctober 5, 2018

Coba Yuk, Cara Mengoperasikan Android Hanya dengan Suara

Budi SulistyantoOctober 4, 2018

Samsung Internet Browser Dapatkan Update, Tawarkan Fitur Baru dan Performa Lebih Optimal

Budi SulistyantoSeptember 16, 2018
MIUI 10 New Interface

MIUI 10 Global Stable ROM Mulai Digulirkan

Budi SulistyantoSeptember 16, 2018
Huawei EMUI 9

Hanya Ada 1 yang Sudah Final, Berikut Daftar HP Huawei yang Sudah Bisa Install EMUI 9

Budi SulistyantoSeptember 2, 2018

shop giay nuthoi trang f5Responsive WordPress Themenha cap 4 nong thongiay cao gotgiay nu 2015mau biet thu deptoc dephouse beautifulgiay the thao nugiay luoi nu