Games and Apps

Kata Menkominfo Soal WhatsApp, Facebook dan Instagram yang Down Hari Ini

Kata Menkominfo Soal WhatsApp, Facebook dan Instagram yang Down Hari Ini

GadgetEmpire – Seperti yang kita ketahui bahwa sejak siang tadi, layanan jejaring sosial media terbesar di Indonesia seperti WhatsApp, Facebook, dan juga Instagram tengah mengalami gangguan alias down. Dan ternyata ini bukan permasalahan seperti yang terjadi beberapa pekan lalu dimana masalah terjadi secara global, melainkan masalah tidak dapat diaksesnya ketiga layanan tersebut dengan lancar cuman terjadi di Indonesia saja, sebab ketika Team GadgetEmpire mencoba mengakses pakai IP Amerika Serikat, masih bisa masuk. Adapakah ini Menkominfo?

Berkenaan dengan masalah tersebut, Menteri Komunikasi dan Informatika bernama Rudiantara mengatakan kalau kejadian ini disengaja. Beberapa fitur di media sosial dan messaging system akan dibatasi hari ini, khususnya fitur yang berkaitan dengan foto dan video. “Pembatasan fitur-fitur media sosial, tidak semuanya, dan messaging system,” begitulah pungkasnya saat konferensi pers di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta Pusat.

Kemudian dalam keterangannya juga disebut kalau konten video, meme, hingga foto-foto hoaks muncul di Facebook ataupun Instagram. Akan tetapi untuk penyebaran luasnya bukan di sosmed yang cepat itu, melainkan di layanan pesan instant seperti WhatsApp. Nah, dengan adanya pembatasan seperti ini diharapkan mereka bisa diperlambat untuk melakukan pengunduhan atau unggah foto maupun video yang berpotensi terhadap penyebaran hoaks.

Facebook Down
Tampilan Facebook Down 22 Mei 2019; by: GadgetEmpire

Lalu, Rudiantara mengatakan kalau pembatasannya ini bersifat sementara, sehingga pengguna diminta untuk beralih menggunakan layanan lain atau media komunikasi standar saja. Selain Menkominfo, Wiranto selaku Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan juga mengatakan kalau pembatasan ini bertujuan untuk menekan penyebaran hoaks. “Untuk membatasi berita bohong kepada masyarakat luas, akan kita adakan pembatasan akses di media sosial, fitur tertentu untuk tidak diaktifkan, untuk menjaga hal-hal negatif yang terus disebarkan masyarakat,” begitulah jelas Wiranto.

Berdasarkan kenyataannya, pengguna malah tidak dapat mengakses sama sekali layanan WhatsApp, Facebook ataupun Instagram. Jangankan untuk lamban ketika hendak mengunggah foto saja, melainkan ketika mengirimkan pesan saja tidak bisa, mengirimkan status juga tidak bisa, bahkan WhatsApp Web sekalipun juga tidak dapat diakses dengan lancar. Kemudian, layanan Facebook juga demikian dimana hanya memuat halaman yang berantakan, dan tidak dapat menjelajahi linimasa seperti biasanya, begitu juga dengan Instagram. Berdasarkan pemantauan team GadgetEmpire Indonesia, hingga setelah berbuka puasa alias selepas Maghrib ketiganya masih belum dapat diakses sama sekali. Lantas, sampai kapankah ini bakal terjadi?

Video Pilihan Gadget Empire Indonesia:

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Games and Apps

More in Games and Apps

Huawei HongmengOS

Perusahaan Top China Bantu Huawei Ciptakan OS Baru, Xiaomi Salah Satunya

Budi SulistyantoJune 13, 2019
Opera Browser

Opera Punya Ciptakan Browser Khusus Untuk Para Gamers

Budi SulistyantoJune 12, 2019
game Avengers

Square Enix Pastikan Game Avengers Rilis Awal Tahun 2020

Budi SulistyantoJune 11, 2019
Huawei Dilarang Facebook

Huawei Tidak Bisa Pasang WhatsApp, Facebook dan Instagram Lagi

Budi SulistyantoJune 8, 2019
Free Fire 2

Ada Turnamen Free Fire dengan Total Hadiah Rp 6 Juta, Ikutan Yuk!

Budi SulistyantoMay 11, 2019

Google Chrome Android Sudah Dukung Dark Mode, Gini Cara Aktifinnya!

Budi SulistyantoApril 29, 2019

shop giay nuthoi trang f5Responsive WordPress Themenha cap 4 nong thongiay cao gotgiay nu 2015mau biet thu deptoc dephouse beautifulgiay the thao nugiay luoi nu