Laptop

Jangan Panik! Begini Pertolongan Pertama yang Benar Ketika Laptop Tersiram Air

Jangan Panik! Begini Pertolongan Pertama yang Benar Ketika Laptop Tersiram Air

Gadget Empire – Laptop merupakan benda yang tidak asing lagi bagi kita, terutama bagi pelajar dan pegawai kantoran. Seakan-akan perangkat ini wajib dimiliki oleh mahasiswa untuk membantu menyelesaikan tugas akhir atau menyelesaikan laporan tiap akhir bulan bagi karyawan. Karena seringnya dipakai, terkadang pengguna sedikit ceroboh saat meletakkannya, sehingga masuk akal jika laptop secara tidak sengaja tersiram air atau ketumpahan air, tentunya hal ini menjadi mimpi buruk bagi setiap penggunanya. Apalagi, saat bagian laptop yang terkena air adalah keyboard, yang mampu merusak bagian-bagian penting termasuk motherboard. Memang kedengarannya sepele, tapi setidaknya kita harus menjaga laptop dari kejadian semacam ini, karena bisa menimbulkan resiko yang lebih berat dari yang diduga.

Mungkin kejadian yang paling sering adalah Laptop kena tumapahan air mineral dan bagian yang terkena adalah keyboard, sehingga mengakibatkan laptop mati karena terdapat kerusakan pada bagian motherboardnya, dan untuk mengatasinya, sang pemilik laptop harus mengganti komponen motherboardnya atau harus membeli laptop baru yang harganya hampir sama dengan motherboardnya tersebut. Nah, mungkin anda sempat mengalami kejadian semacam ini, sebaiknya langsung simak nih pertolongan pertama yang benar ketika Laptop tersiram air.

  • Lepaskan Charger
Unplug laptop Charge

Sumber Image republika

Saat laptop di charge, maka bergegaslah untuk melepas kabelnya, karena laptop yang terkena air bakal menghantarkan arus listrik yang lebih tinggi dan bisa menimbulkan setruman, sehingga bisa membuat komponen utama seperti motherboard bisa terkena efek korosi dari tumpahan air. Perlu diingat jika laptop anda terkena air dalam keadaan di charge dan langsung mati, maka jangan sampai sambungkan kabel charge ke unit laptop, serta jangan coba-coba untuk menyalakan laptop melalui tombol power, karena secara otomatis bakal menghantarkan arus listrik.

  • Balikkan Laptop

Ketika Laptop Tersiram Air, segeralah balikkan laptop ke bawah untuk membuang air yang telah masuk melalui celah keyboard, dan jika bisa letakkan laptop dalam posisi terbalik, lalu tunggu 1-2 jam agar semua air keluar.

  • Bersihkan Area yang Terkena Tumpahan Air

sambil membalikkan laptop, anda bisa meninjau kembali bagian lain seperti lubang kabel USB, lubang charger, layar, kamera layar dan bagian kecil lainnya yang kemungkinan terkena tumpahan air. Kemudian, anda bisa membersihkan bagian tersebut menggunakan cotton bud atau kapas untuk menyerap cairan.

Setelah itu, anda bisa Meletakkannya ke dalam Beras. Hal ini seperti yang dilakukan saat smartphone terkena air. Ya, simpan laptop ke dalam beras agar laptop kering dan bisa menghisap cairan keluar.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa anda lakukan saat Laptop Tersiram Air. Dan jika cara-cara di atas sudah anda lakukan dan laptop masih belum bisa menyala, maka segera bawa laptop anda ke layanan service untuk ditindaklanjuti. Selamat Mencoba dan Semoga Bermanfaat!

Video Pilihan Gadget Empire Indonesia:

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Laptop

More in Laptop

iPhone X and MacBook Pro

Bermasalah, Apple Gratiskan Service iPhone X dan MacBook Pro

Budi SulistyantoNovember 12, 2018
Nexstgo PRIMUS B

Review NEXSTGO PRIMUS, Laptop Bertenaga dan Tahan Banting

Budi SulistyantoNovember 11, 2018
AVITA LIBER Launch

Review NEXSTGO AVITA LIBER, Laptop Warna-warni dengan Harga Terjangkau

Budi SulistyantoNovember 11, 2018
Nexstgo Primus

NEXSTGO Hadirkan 2 Laptop Baru di Indonesia, Desain Stylish dan Tahan Banting

Budi SulistyantoNovember 11, 2018
Acer Predator Helios 500 AMD Ryzen Special

Gunakan Processor AMD Ryzen Terbaik, Segini Harga Laptop Gaming Acer Predator Helios 500 di Indonesia

Budi SulistyantoOctober 7, 2018
Dell Alienware M15 Back

Dell Resmi Luncurkan Alienware M15, Laptop Gaming Tipis dan Bertenaga

Budi SulistyantoOctober 5, 2018
JDID x HP 1

Miliki SSD 128GB dan RAM 4GB, Laptop HP Joy 2 Dijual Terjangkau

Budi SulistyantoOctober 4, 2018
Lenovo Thinkpad P1 Indonesia

Kerjasama dengan Aston Martin, Lenovo Luncurkan 3 Laptop Thinkpad Series Terbaru

Budi SulistyantoSeptember 26, 2018
Predator Helios 300 Special Edition 3

Resmi Diluncurkan, Berikut Harga Acer Predator Helios 300 Special Edition di Indonesia

Budi SulistyantoSeptember 18, 2018

shop giay nuthoi trang f5Responsive WordPress Themenha cap 4 nong thongiay cao gotgiay nu 2015mau biet thu deptoc dephouse beautifulgiay the thao nugiay luoi nu