Android

Ini Ternyata yang Buat Android Q Bisa Hemat Baterai Smartphone Lebih Baik

Ini Ternyata yang Buat Android Q Bisa Hemat Baterai Smartphone Lebih Baik

GadgetEmpire – Di tahun ini Google telah resmi mengumumkan sistem operasi terbarunya bernama Android Q, sederet fitur unggulannya sudah diungkap dan beberapa Smartphone saat ini juga sudah bisa mencoba versi beta dari OS tersebut. Akan tetapi untuk masalah jadwal perilisannya masih belum diumumkan, begitu juga dengan kode Q tersebut. Saat ini raksasa teknologi asal Amerika Serikat tersebut masih terus mengembangkan sistem operasi terbarunya, dimana salah satu fitur yang bakal menjadi unggulan dan terus mendapatkan peningkatan adalah fitur hemat daya baterai.

Sebagaimana informasi yang disampaikan XDA Developers, nantinya bakal ada fitur bernama Screen Attention, untuk fitur tersebut sudah ditemukan dalam update Android Q Beta 4. Fitur ini nantinya akan memanfaatkan kamera depan Smartphone untuk mengidentifikasi pengguna, apakah mereka tengah menatap layar ponsel miliknya atau tidak. Kalau memang tengah menatap, maka layar akan tetap menyala, namun kalau pengguna tengah berpaling maka layar akan mati seperti biasanya. Dan untuk mengaktifkannya, pengguna bisa masuk ke Settings>> Display>> Screen attention.

Fitur unggulan di sistem operasi Android Q ini sepertinya bukan yang pertama kalinya diterapkan oleh Google, sebab sebelumnya dikatakan Motorola dan Samsung sudah mengadopsi dan menerapkan teknologi serupa di Smartphone miliknya, ini bertujuan agar daya baterai ponsel tidak cepat habis. Motorola telah menyebut teknologinya tersebut dengan Attentive Display, sedangkan Samsung menamakan fitur tersebut dengan Smart Stay.

Berkat adanya fitur ini tentu saja pengalaman pengguna akan lebih terpuaskan, sebab ketika sudah terlalu lelah untuk mengoperasikan Smartphone, kebanyakan mereka akan lupa mematikan ponsel atau menekan tombol power sehingga perangkat terbiarkan menyala, sedangkan pengguna terlelap tidur. Terutama bagi pengguna yang tidak suka menggunakan fitur kunci layar dalam jangka waktu dekat, mereka sering kali kelupaan atau mungkin sudah tidak sadar kalau membiarkan Smartphone miliknya tetap menyala meski sudah ditinggal pergi.

Video Pilihan Gadget Empire Indonesia:

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Android

More in Android

HongMengOS

3 Vendor Top China Ini Sudah Jajal OS Milik Huawei

Budi SulistyantoJune 15, 2019
Huawei Smartphone Tes

Google Hentikan Kerjasama, Seperti Apakah Nasib Smartphone Huawei?

Budi SulistyantoMay 20, 2019
Android Q Phone

Xiaomi Umumkan 2 Smartphone Pertamanya yang Kebagian Android Q

Budi SulistyantoMay 12, 2019
Android Q

Android Q Bakal Adopsi Fitur Khas iPhone Ini?

Budi SulistyantoApril 7, 2019
Android BOT

Awas! Format Foto PNG Ternyata Bahaya Untuk Pengguna Android

Budi SulistyantoFebruary 10, 2019
Fuchsia Android

Jangan Khawatir! OS Masa Depan Google Masih Dukung Aplikasi Android

Budi SulistyantoJanuary 3, 2019

shop giay nuthoi trang f5Responsive WordPress Themenha cap 4 nong thongiay cao gotgiay nu 2015mau biet thu deptoc dephouse beautifulgiay the thao nugiay luoi nu