Android

Ini Alasan Pengguna Android Pindah ke iOS dan Sebaliknya Berdasarkan Survei

Ini Alasan Pengguna Android Pindah ke iOS dan Sebaliknya Berdasarkan Survei

Gadget Empire – Dalam memilih sebuah smartphone, sistem operasi (OS) juga menjadi sebuah pertimbangan, karena OS yang dijalankan sebuah perangkat bakal mempengaruhi beberapa hal seperti user experience, jadwal pembaruan, hingga fitur-fitur yang disematkan di dalamnya. Software mobile sendiri terbagi menjadi dua yakni iOS dari Apple untuk iPhone dan Android dari Google untuk banyak vendor smartphone.

Dan untuk mengetahui secara kuantitatif pengguna terbanyak diantara keduanya, PC Mag telah menyebar survey selama tiga hari dengan melibatkan 2.500 responded Amerika Serikat. Alhasil, terdapat 54 persen responded mengaku memiliki iPhone dan 27 persen menggunakan smartphone Samsung, sehingga dapat diketahui bahwa 18 persennya merupakan pengguna Android yang beralih ke iOS dan 11 persennya beralih dari Android ke OS lain, seperti Windows Phone atau BlackBerry, namun survey ini hanya fokus pada Android dan iOS. 71 persen pengguna sendiri mengaku bahwa merekaa masih setia dengan OS yang digunakannya, lantas apa yang melatar belakangi pengguna beralih ke OS lain? Simak ulasannya berikut!

  • User Experience (UX)

Berdasarkan hasil survey, terdapat 47 persen yang beralih ke iOS mendapatkan user experience yang lebih memuaskan. Dan hanya 30 persen mantan pengguna iOS yang menganggap UX Android lebih baik. Perbandingan UX dari kedua platform tersebut sangat jauh berbeda, dan kemungkinan mengoperasikan UX yang sepenuhnya baru menjadi kepuasan tersendiri bagi pengguna.

  • Harga

Selain itu, harga juga menjadi faktor selanjutnya. Untuk iOS memang masuk dalam deretan ponsel high-end dengan harga menengah ke atas tetapi Android juga memiliki nilai lebih pada pemasarannya yang luas hingga ke ponsel kelas menengah, bahkan entry level dengan versi Go Edition, sehingga banyak pengguna bisa mencoba platform Android dengan harga terjagkau. Dengan demikian, cukup masuk akal jika 29% pengguna iOS beralih ke Android karena mendapatkan harga lebih terjangkau.

  • Fitur

Kemudian alasan berikutnya adalah berbagai macam fitur yang bisa dinikmati. Mencapai 24% eks pengguna iOS telah beralih ke Android karena mengakui bahwa fitur dalam Android lebih baik, dan sebaliknya terdapat 25% pengguna Android beralih ke iOS mengaku bahwa mereka mengincar fitur yang lebih baik. Sedangkan untuk enak persen responded, apapun OS-nya mengaku bahwa dengan mengganti OS adalah kekayaan fitur, layanan konsumen yang lebih baik serta pembaruan software yang rutin.

 

  • OS bukan yang Utama

Berdasarkan hasil survey, OS yang digunakan vendor bukanlah pertimbangan utama calon pembeli dalam memilih smartphone. Dan hanya 19 persen dari total responded menjadikan OS sebagai factor kunci dalam memilih perangkat. Terdapat dua kriteria utama yang dicermati pembeli, yakni banderolan harga mencapai 33 persen dan 26 persen mempertimbangkan merek smartphone.

Mayoritas responded mencapai 56 persen mengatakan tidak terlalu memikirkan peluncuran smartphone baru, dan 34 persen bakal membeli smartphone baru jika kontrak mereka habis serta 17 persennya membeli smartphone baru jika layar sudah rusak. Selain itu, saat responded ditanya seberapa seringnya mereka mengganti smartphone? Terdapat 53 persen memberikan jawabannya bahwa mereka bakal mengganti ponsel baru jika yang lama telah rusak.

Video Pilihan Gadget Empire Indonesia:

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Android

More in Android

Spotify Premium

Update Besar Besaran Untuk Pelanggan Spotify Premium

Budy SulistiyantoOctober 20, 2018
Facebook Messenger

Facebook Messenger Bakal Punya Fitur Hapus Pesan Terkirim Juga, Ini Buktinya!

Budy SulistiyantoOctober 14, 2018
Instagram

Jelajahi Linimasa Instagram Jadi Begini, Setuju?

Budy SulistiyantoOctober 13, 2018
WhatsApp

Iklan Sudah Mulai Sambangi WhatsApp Android

Budy SulistiyantoOctober 9, 2018
Nokia Android Pie

4 Smartphone Nokia Ini Siap Terima Update Android Pie Mulai Bulan Ini!

Budy SulistiyantoOctober 6, 2018
WhatsApp Android

Pengguna Android Bisa Nonton YouTube Langsung di WhatsApp

Budy SulistiyantoOctober 5, 2018

Coba Yuk, Cara Mengoperasikan Android Hanya dengan Suara

Budy SulistiyantoOctober 4, 2018

Samsung Internet Browser Dapatkan Update, Tawarkan Fitur Baru dan Performa Lebih Optimal

Budy SulistiyantoSeptember 16, 2018
MIUI 10 New Interface

MIUI 10 Global Stable ROM Mulai Digulirkan

Budy SulistiyantoSeptember 16, 2018

shop giay nuthoi trang f5Responsive WordPress Themenha cap 4 nong thongiay cao gotgiay nu 2015mau biet thu deptoc dephouse beautifulgiay the thao nugiay luoi nu