Apple

Huawei P20 Pro Vs iPhone X, Tangguh Mana?

Huawei P20 Pro Vs iPhone X, Tangguh Mana?

Gadget Empire – Dunia teknologi seolah tak berhenti berkembang pesat, makin hari kian canggih. Tahun 2017 lalu para pecinta gadget dibuat kagum dengan pesona iPhone X terbaru Apple yang hadir dengan spek mumpuni. Tak ingin tertinggal dengan kompetitornya, Huawei sang produsen Tiongkok juga meluncurkan produk baru sebagai sambutan spesial tahun 2018 yakni P20 Pro. Kedua perangkat ini sama-sama dibekali dengan jeroan tangguh, namun apa saja perbedaannya?

Perbandingan Huawei P20 Pro dan iPhone X bisa dilihat dari banyaknya kelebihan yang di usung. Sebagai perangkat iOS 2017, Apple sudah berusaha keras menciptakan yang terbaik. Namun, sebagai perangkat terbaru Huawei lebih handal dalam pamerkan kecanggihan pada dunia melalui P20 Pro. Keduanya sama-sama ponsel pintar 4G yang berguna untuk mengakses internet lebih cepat dengan dukungan koneksi GPRS maupun EDGE.

  • DESAIN

Sumber Android Central

Sumber Android Central

Dilihat dari segi desain, Huawei P20 Pro telah menggunakan panel layar Super AMOLED sehingga layar tampak jernih dan berkualitas, sedangkan untuk iPhone X menggunakan panel OLED pertama dari Samsung yang juga terjamin akan kualitas tampilannya dan hemat baterai juga. Panel layar AMOLED sudah di akui mampu memberikan tampilan lebih trendy dan menciptakan gradasi mulus dalam pandangan.

Huawei P20 mempunyai berat sekitar 180 gram, meski begitu dimensinya juga masih ramping sehingga mudah di bawa kemana saja. Balutan material kaca pada bodi belakang menciptakan kesan elegan dan kokoh. Smartphone ini telah lengkap dengan adanya sertifikat IP67 yang artinya tahan terhadap air dalam kedalaman 1.5 meter. Sedangkan untuk panel layarnya terlihat lebih lebar dengan ukuran 6.1 inci beresolusi 1080 × 2240.

Begitu juga dengan iPhone X, Smartphone andalan Apple satu ini juga telah mengantongi sertifikat IP67. Material bodinya juga tidak kalah kece yakni dengan balutan kaca stainlees steel. Hanya saja, mungkin secara display tak lebih besar atau sama rata dengan smartphone Huawei. Apple menciptakan iPhone generasi sepuluh dengan bentangan layar 5.8 inci beresolusi 1125 × 2436. Tentu saja sebagian orang yang menyukai permukaan lebar akan memilih Huawei P20 Pro, dan tidak menutup kemungkinan sebagian lainnya menyukai tampilan lebih simple seperti iPhone X.

  • PERFORMA

Sumber Android Central

Sumber Android Central

Secara performa, semua kinerja masing-masing perangkat tergantung pada dapur pacu yang di gunakan. Kedua produk yang menjadi perbandingan kali ini sangatlah berbeda, dikarenakan satu iOS dan lainnya Android. Dengan begitu sudah sangat jelas kalau Smartphone Huawei P20 Pro Vs iPhone X memiliki perbedaan dalam sistem operasi yang di jalankan. Mahakarya produsen Tiongkok memberikan dukungan performa lebih berkelas berkat sistem operasi Android Oreo terbaru. Soal dapur pacu, didalamnya telah tersemat Chipset Hi-Silikon Kirin 970 dengan CPU Octa Core, 4 inti Cortex – A73 dan 4 inti Cortex – A53.

Lalu bagaimana dengan kegaharan iPhone X? Perangkat ini mempunyai tingkat sebanding dengan Huawei P20 Pro yang mana menjalankan iOS 11.1.1 dan bisa di upgrade ke dalam versi iOS yang lebih baru dalam durasi yang cukup lama di masa mendatang. Untuk CPU, Apple mengandalkan chipset Hexa-Core 2.39 dan GPU dari Apple GPU. Keduanya sama-sama menghasilkan kerja cepat dan mumpuni sehingga mampu menjalankan aplikasi berat maupun game sekalipun tanpa kendala lag.

Setiap smartphone ini dibekali dengan kapasitas RAM yang cukup bersaing. Huawei P20 Pro di sokong dengan RAM 6 GB lebih besar dari iPhone X yang hanya mempunyai setengah darinya yakni 3 GB. Sudah pasti, kegiatan seperti multi-tasking akan lebih optimal perangkat Huawei. Kendati demikian, bukan berarti iPhone X merupakan perangkat kelas bawah dan mulai kalah. Pengguna semua tetap bisa merasakan betapa kuatnya ruang pada iOS yang bisa memanjakan dengan berbagai aplikasi dan game.

Selain dukungan RAM yang besar, Huawei mempunyai ruang penyimpanan dari memori berkapasitas 128 GB untuk internalnya. Sementara itu iPhone X mempunyai dua versi penyimpanan untuk pilihan pengguna. Satu hadir dengan kapasitas internal 64 GB dan lainnya lebih besar dengan 256 GB. Sayangnya, kedua ponsel pintar high-end tak sebanding kelasnya karena tidak memberikan dukungan card slot eksternal. So, mau tidak mau pengguna hanya bisa menggunakan suguhan internalnya. Tapi tenang saja, kapasitas yang di sediakan tak tentu habis begitu saja.

  • KAMERA

Sumber Android Central

Sumber Android Central

Penempatan kameranya hampir sama, terletak di bagian sudut kiri body belakangnya. Mungkin soal letak boleh sama, tapi bicara soal resolusi hingga kemampuan menangkap gambar harus menjadi pertimbangan. Apple menjadi produsen perangkat iOS satu-satunya yang harus gigit jari untuk sekarang ini. Bagaimana tidak, Huawei P20 Pro hadir dengan empat kamera sekaligus. Tiga diantaranya nampak dibagian belakang Smartphone yang di sebut-sebut dengan “Triple Camera”. Sedangkan iPhone X harus tetap setia dengan “Dual Camera” yang dimilikinya.

Adapun resolusi yang bikin pengguna bakal geleng-geleng adalah 40 MP (f/1.8, 27 mm) + 20 MP  B/W (f/1.6, 27 mm) + 8 MP (f/2.4, 80 mm). Bahkan fiturnya makin keren dengan OIS Leica Optics hingga 3X optical zoom menjadikan smartphone ini mampu hasilkan efek bokeh. Sedangkan untuk kamera depan, P20 punya mega piksel besar yakni 24 yang bikin selfie-mu menggemaskan tanpa edit.

Berbeda dengan iPhone X yang seperti di katakan masih dengan kamera gandanya. Kembali lagi mengulang akan speknya, iOS ini mempunyai kamera utama dengan 12 MP + 12 MP yang lengkap dengan fitur jagonya Simultaneous 4K. Untuk membuat video, pengguna tak perlu lagi meragukan kemampuannya karena bakal memberikan hasil sempurna. Sedangkan untuk kamera selfie, iPhone Ten hanya memiliki 7 MP saja. Terlihat dari dukungan fotografi Perbandingan iPhone X dan Huawei P20 Pro, dimana pabrikan Tiongkok sengaja hadirkan sang jagoan untuk pengguna gila gaya alias foto.

Namun sayang, tak secanggih kamera yang di miliki, Huawei P20 mempunyai sensor pengaman biometrik berupa sidik jari atau disebut dengan Fingerprint. Walaupun telah hadir lebih dulu, nyatanya iPhone X selangkah lebih maju dengan pemberian dukungan keamanan kunci perangkat berupa FaceID. Fingerprint berguna mengamankan perangkat dengan mengidentifikasi sidik jari secara akurat. Sedangkan FaceID, merupakan fitur up to date yang cara kerjanya membuka kunci dengan wajah dan memanfaatkan kamera depan. Canggihnya iPhone X yang akan lebih sulit di jangkau si tangan jahil.

  • KOMPONEN
Sumber androidauthority

Sumber androidauthority

Untuk tambahan pokok lainnya, sepertinya kedua perangkat ini tidak jauh berbeda. Sama-sama mempunyai koneksi WLAN berupa WiFi yang memudahkan pengguna mengakses atau menjelajahi internet. WiFi menjadi akses jaringan paling penting untuk semua perangkat mengingat kecepatan yang di miliki tak sebanding jika hanya menggunakan kuota data saja. Antara Huawei P20 Pro dan iPhone X juga sama-sama dibekali NFC. Salah satu fungsinya adalah memungkinkan perangkat bisa di gunakan sebagai alat pembayaran, permainan multiplayer, berbagi foto, musik hingga dokumen lain secara efisien.

NFC sendiri merupakan kepanjangan dari Near Field Communication yang menjadi daya tarik spek tambahan pada sebuah smartphone. Intinya, NFC menciptakan komunikasi antar dua perangkat yang harus di dekatkan dalam jarak beberapa sentimeter saja. Mirip seperti Bluetooth, tetapi tetap berbeda karena jangkauan komunikasi serta mekanisme yang membedakan. NFC sekedar bisa berkomunikasi dalam jarak yang lebih pendek dibandingkan Bluetooth, yakni pada kisaran jarak kurang dari 10 cm saja. Lain halnya dengan Bluetooth yang akan tetap berfungsi hingga jarak sampai 10 m.

  • BATTERY

Sebagai jantung utama, baterai sangat penting sebagai sumber energi smartphone. Huawei P20 Pro di tandem baterai dengan 4000 mAh yang lebih tahan lama. Sedangkan iPhone X hanya di bekali dengan baterai berkapasitas 2.716 mAh saja. Tetapi, uniknya iPhone X pada penggunaan sehari-hari mengungguli smartphone Huawei menjadi daya tarik tersendiri karena Smartphone besutan Apple ini memiliki berbagai macam komponen dengan tingkat konsumsi daya rendah dan memiliki fitur hemat baterai juga. Selain itu, smartphone Apple telah di dukung dengan pengisian daya nirkabel meski harus mengeluarkan dana lagi untuk membeli dock wireless charging. Namun untuk Huawei P20 memiliki fitur SuperCharge dengan menggunakan kabel USB C yang sudah termasuk ke dalam paket penjualan Box kemasan.

  • HARGA

Perbandingan Huawei P20 dan iPhone X lain adalah harganya yang tidak sama. Satu unit smartphone Huawei P20 dibanderol dengan harga sekitar Rp 15 jutaan dan satu unit iPhone X senilai Rp 12 jutaan.

Bagaimana menurut sahabat Gadgetempire? Ingin memiliki yang mana nih? Huawei P20 atau iPhone X?

 

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Apple

iPhone XR

Sudah Bisa Dipesan, Berikut Harga dan Negara yang Kebagian iPhone XR Gelombang Pertama

Budy SulistiyantoOctober 20, 2018
iOS 12 Update

iOS 12.01 Sudah Digulirkan, Tapi Masalah Ini Masih Tetap Ada di iPhone XS Series

Budy SulistiyantoOctober 10, 2018
iPhone XS Max vs Samsung Galaxy Note 9

iPhone XS Series Vs Samsung Galaxy Note 9, Mana yang Lebih Cocok Untuk Dipilih?

Budy SulistiyantoOctober 8, 2018
iPhone XR Back

iPhone XR Terlambat Masuk Pasar, Ini Kata Orang Dalam

Budy SulistiyantoSeptember 27, 2018
iPhone XS and XS Max R

Sudah Mulai Tercium, Inikah Jadwal Rilis iPhone XS, XS Max dan XR di Indonesia?

Budy SulistiyantoSeptember 26, 2018
iPhone XS and XS Max

Giliran iPhone XS Max yang Dapatkan Gelar Smartphone dengan Layar Terbaik

Budy SulistiyantoSeptember 26, 2018
iPhone XS Series

Setelah Dibongkar, Baterai iPhone XS Terlihat Unik Banget

Budy SulistiyantoSeptember 21, 2018
Apple Store Orchard Road Singapore

Unik! Pengantre iPhone XS di Singapura Malah dapet Gadget Gratis dari Huawei

Budy SulistiyantoSeptember 21, 2018
Apple iPhone XS

Tampilan Mewah, Tapi Ada Komponen dari Limbah di iPhone XS, XS Max dan XR?

Budy SulistiyantoSeptember 15, 2018

shop giay nuthoi trang f5Responsive WordPress Themenha cap 4 nong thongiay cao gotgiay nu 2015mau biet thu deptoc dephouse beautifulgiay the thao nugiay luoi nu