Android

Google Hentikan Kerjasama, Seperti Apakah Nasib Smartphone Huawei?

Google Hentikan Kerjasama, Seperti Apakah Nasib Smartphone Huawei?

GadgetEmpire – Beberapa waktu terakhir ini ada wacana yang menyebut kalau Google akan memutuskan kerjasamanya dengan Huawei. Hal ini dikarenakan kebijakan pemerintah yang baru diberlakukan, dimana raksasa mesin pencarian tersebut diminta oleh Donald Trump untuk tidak lagi menjual komponen dalam bentuk apapun tanpa persetujuan dari pihak pemerintah setempat. Kalau hal ini sampai terjadi, maka jelas lisensi sistem operasi Android yang kini beroperasi pada Smartphone besutannya pun juga terancam.

Dan tentu saja sebagai vendor Smartphone, Huawei bakal cukup dirugikan terkait masalah ini, dimana perusahaan asal China tersebut hingga kini juga masih cukup menggantungkan sistem operasi serta beberapa layanan milik Google. Untuk sistem operasi Android sih mungkin tidak menjadi permasalahan, karena vendor bisa mengembangkannya sendiri, sebab sistem operasi tersebut sifatnya open source, semuanya bisa mengembangkan dan memakainya berdasarkan kemampuan dan kebutuhan masing-masing.

Namun yang menjadi permasalahan yakni Smartphone Huawei akan kehilangan dukungan teknis untuk aplikasi Google, diantaranya yakni seperti layanan Play Store, Gmail, Google Maps, YouTube, Google Duo, dan masih banyak lagi lainnya. Akan tetapi menurut informasi yang dilansir dari laman Reuters, ponsel Huawei yang kini sudah beredar luas di pasaran seperti Mate 20 ataupun P30 series masih bisa menggunakan berbagai macam aplikasi tersebut, namun kedepan tidak bakal mendapatkan pembaruan lagi. Terkait masalah tersebut, Google juga telah memberikan kepastiannya melalui akun sosial media Twitter milik Android.

Huawei P30 Lite
Sumber Image gizchina

“Terkait pertanyaan pengguna Huawei terhadap langkah kami untuk memathui ketentuan pemerintah AS baru-baru ini: Kami memastikan kepada Anda, saat kami mematuhi semua persyaratan pemerintah AS, layanan-layanan seperti Google Play dan fitur keamanan Google Play Protect akan tetap bisa berfungsi pada perangkat Huawei yang sudah beredar saat ini,”  seperti itulah pernyataan dari Google sebagaimana ditulis dalam sosmed Twitter dengan nama @Android.

Disisi lain, tentu saja para pengguna Huawei Mate 20, Mate 20 Pro, Mate 20X, Honor View 20, Honor Magic, Mate 20 RS Porsche Design, P30 dan P30 Pro yang kabarnya akan mendukung upgrade sistem operasi Android Q, sepertinya bakal digagalkan karena adanya rencana pemutusan kerjasama antara Google dan Huawei tersebut. Meski demikian, bukan berarti perusahaan sudah menyerah dan pasrah dengan apa yang telah terjadi dengan nasib Smartphone terbarunya atau masalah kenyamanan pengguna ponsel besutannya untuk tetap menjalankan aktivitas seperti biasanya.

Huawei telah memiliki rencana B yang sudah terbentuk sejak beberapa waktu lalu, dimana CEO Huawei bernama Richard Yu Chengdong telah mengungkap kalau perusahaannya tengah menyiapkan sistem operasi buatannya sendiri untuk perangkat ponsel dan komputer, dan ia mengatakan kalau OS miliknya ini sudah dikembangkan sejak tahun 2012 silam. Lalu, efektifkah langkah yang dilakukan oleh perusahaan China ini? Masih belum jelas, dikarenakan memang setelah adanya berita pemutusan kerjasama ini vendor masih belum merilis perangkat terbarunya.

Video Pilihan Gadget Empire Indonesia:

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Android

More in Android

HongMengOS

3 Vendor Top China Ini Sudah Jajal OS Milik Huawei

Budi SulistyantoJune 15, 2019
Android Q Smartphone

Ini Ternyata yang Buat Android Q Bisa Hemat Baterai Smartphone Lebih Baik

Budi SulistyantoJune 9, 2019
Android Q Phone

Xiaomi Umumkan 2 Smartphone Pertamanya yang Kebagian Android Q

Budi SulistyantoMay 12, 2019
Android Q

Android Q Bakal Adopsi Fitur Khas iPhone Ini?

Budi SulistyantoApril 7, 2019
Android BOT

Awas! Format Foto PNG Ternyata Bahaya Untuk Pengguna Android

Budi SulistyantoFebruary 10, 2019
Fuchsia Android

Jangan Khawatir! OS Masa Depan Google Masih Dukung Aplikasi Android

Budi SulistyantoJanuary 3, 2019

shop giay nuthoi trang f5Responsive WordPress Themenha cap 4 nong thongiay cao gotgiay nu 2015mau biet thu deptoc dephouse beautifulgiay the thao nugiay luoi nu