Softwares

Gawat! Google Tetap Bisa Lacak Lokasi Pengguna Meski Riwayat Lokasi Sudah Dimatikan

Gawat! Google Tetap Bisa Lacak Lokasi Pengguna Meski Riwayat Lokasi Sudah Dimatikan

Gadget Empire – Sebagai salah satu layanan penyedia informasi terbesar di Dunia, Google terus melakukan berbagai macam upaya untuk memberikan kabar yang akurat dan tepat sasaran. Melalui berbagai sistem software pendukung buatannya, maka pemantauan pihak perusahaan terhadap para pengguna layanan miliknya bisa lebih mudah dilakukan. Salah satu informasi yang terus digali oleh Google adalah keberadaan/lokasi si penggunanya.

Dari informasi yang telah didapat dari Associated Press dan dikutip dari APNews, media ini telah menemukan banyak sekali layanan Google di perangkat Smartphone Android maupun iPhone yang telah menyimpan seluruh data lokasi para penggunanya. Dan yang paling parah adalah raksasa pencarian ini masih tetap bisa menyimpan lokaso para penggunanya meski pengaturan privasi telah diaktifkan dimana Google memberikan informasi kalau fitur tersebut sudah diaktifkan, maka lokasi tdak akan terpantau. Namun kenyataannya tidak demikian.

Tim peneliti Ilmu Komputer yang berasal dari Universitas Princeton telah memberikan konfirmasi mengenai temuan yang disebarluaskan oleh APNews ini. Tim peneliti tersebut telah memberikan informasi kalau sebagian besar aplikasi telah diminta untuk memberikan akses lokasi penggunanya. Kemudian, aplikasinya seperti Google Maps nantinya akan meminta para penggunanya untuk memberikan izin akses lokasi supaya fungsinya bisa berjalan lancar. Dan dari sinilah Google mulai merekam jejak lokasi penggunanya dari waktu ke waktu.

Kemudian pihak Google bakal menampilkan seluruh riwayat lokasi tersebut dalam timeline untuk menerka pergerakan harian si pengguna. Tidak hanya itu saja, raksasa mesin pencarian ini juga menyimpan riwayat perjalanan yang dilakukan oleh pengguna dari menit ke menit. Dengan begini pihak perusahaan mengetahui segalanya sehingga privasi pengguna semakin terancam. Meski begitu ternyata hal ini diterapkan demi tujuan yang baik, yakni membantu pihak kepolisian untuk menentukan lokasi tersangka.

Akan tetapi Google masih menjaga dengan baik privasi setiap pengguna layanannya. Perusahaan yang bermarkas pusat di California, AS ini memberikan opsi kepada penggunanya untuk menerapkan jeda Riwayat Lokasi penggunanya. Dengan begini Google sudah tidak bisa lagi melacak kalian sebab lokasi tidak disimpan. Meski begitu, ternyata hal ini tidak sepenuhnya benar sebab beberapa aplikasi Google masih menyimpan data lokasi tanpa perlu izin penggunanya.

Video Pilihan Gadget Empire Indonesia:

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Softwares

More in Softwares

HongMengOS

3 Vendor Top China Ini Sudah Jajal OS Milik Huawei

Budi SulistyantoJune 15, 2019
Huawei HongmengOS

Perusahaan Top China Bantu Huawei Ciptakan OS Baru, Xiaomi Salah Satunya

Budi SulistyantoJune 13, 2019
Opera Browser

Opera Punya Ciptakan Browser Khusus Untuk Para Gamers

Budi SulistyantoJune 12, 2019
game Avengers

Square Enix Pastikan Game Avengers Rilis Awal Tahun 2020

Budi SulistyantoJune 11, 2019
Android Q Smartphone

Ini Ternyata yang Buat Android Q Bisa Hemat Baterai Smartphone Lebih Baik

Budi SulistyantoJune 9, 2019
Huawei Dilarang Facebook

Huawei Tidak Bisa Pasang WhatsApp, Facebook dan Instagram Lagi

Budi SulistyantoJune 8, 2019

shop giay nuthoi trang f5Responsive WordPress Themenha cap 4 nong thongiay cao gotgiay nu 2015mau biet thu deptoc dephouse beautifulgiay the thao nugiay luoi nu