Softwares

Facebook Ditutup Lagi di Tiongkok Setelah 1 Hari Beroperasi

Facebook Ditutup Lagi di Tiongkok Setelah 1 Hari Beroperasi

Gadget Empire – Kemarin lalu sebagian besar masyarakat Tiongkok tentu bangga atas kehadiran platform sosial media terbesar di Negaranya. Meski begitu, ternyata kebahagiaan ini tidak dapat berlangsung lama lantaran sehari setelah Facebook mendapatkan izin untuk membuka layanannya di Negeri Tirai Bambu ini, pihak pemerintahan setempat langsung menarik kembali pengajuan bisnis Facebook dan langsung di blokir kembali.

Sebagaimana yang telah disampaikan oleh The New York Times, salah seorang sumber yang tidak ingin disebutkan namanya ini telah mengatakan kalau saat ini raksasa sosial media tersebut tidak mendapatkan izin kembali untuk membuka anak perusahaan baru di Tiongkok. Padahal Facebook sudah mempersiapkan berbagai kebutuhan yang akan digunakan di wilayah ini, namun seakan itu semua sia-sia lantaran pencabutan izin berlangsung begitu cepat.

Perlu diketahui bahwa pihak Facebook sebenarnya kemarin sudah memiliki rencana untuk membuka cabang perusahaan resmi-nya bernama Facebook Technology di Hangzhou, China dengan menggelontorkan dana sebesar US$ 30 juta atau setara dengan Rp 433 Miliar. Nah, di kantor cabangnya ini diperkirakan Facebook akan menjalankan pusat inkubator teknologi untuk memberikan investasi kecil serta saran terhadap para pelaku bisnis lokal agar dapat mengembangkan usaha miliknya masing-masing menjadi lebih besar.

Terkait penolakan izin ini ternyata dikarenakan adanya ketidak sesuaian antara pihak pemerintah pusat dengan lokal. Awalnya pihak berwenang lokal Zhejiang yang menjadi tempat kantor Alibaba telah memberikan persetujuan terhadap Facebbok. Namun sayang Badan Regulator Internet Cyberspace Administration of China yang berkantor di Beijing tidak menyetujui surat izin di dirikannya Facebook.

China Development Forum, Beijing, China

Mandatory Credit: Photo by Mark Schiefelbein/AP/REX/Shutterstock (6688413j)

Disisi lain namun masih dalam pembahasan yang sama, ada tangkapan layar yang memberikan keterangan kalau anak perusahaan Facebook yang terdaftar ini sepenuhnya telah menjadi milik Facebook Hong Kong Limited. Memang, perusahaan asal Amerika Serikat ini memiliki kantor sales di Hong Kong, akan tetapi untuk pihak ini tidak tunduk terhadap aturan serta penyensoran yang ada di Tiongkok. Hal itu dikarenakan memang “Kami tertarik untuk membangun pusat informasi di Zhejiang untuk mendukung para pengembang dan startup Tiongkok,” dalam keterangan resmi yang diungkap oleh Facebook.

Meski sudah pernah ditolak beberapa kali, namun CEO Facebook menyatakan kalau pihaknya tidak akan menyerah memasuki wilayah China. Meski harus perlahan-lahan itu tidak masalah asalkan suatu saat layanannya dapat memasuki salah satu Negara dengan penduduk terpadat tersebut.

Video Pilihan Gadget Empire Indonesia:

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Softwares

More in Softwares

Layanan Cloud Murah dan Modern Google One Mulai Beroperasi

Aly MansurAugust 18, 2018

Berikut Daftar dan Smartphone Pertama Nokia Android yang Mendapatkan Android Pie

Aly MansurAugust 18, 2018
Aplikasi Penghemat Baterai

Dengan Aplikasi Ini, Baterai Smartphone Bisa Hemat Hingga 25%

Aly MansurAugust 16, 2018

Gawat! Google Tetap Bisa Lacak Lokasi Pengguna Meski Riwayat Lokasi Sudah Dimatikan

Aly MansurAugust 15, 2018
AR Games Facebook Messenger

Coba Yuk Game AR Terbaru di Facebook Messenger

Aly MansurAugust 10, 2018
Android Pie

Ketahui Yuk Kelebihan dan Kekurangan Android Pie

Aly MansurAugust 8, 2018
Layanan cari jodoh Facebook

Facebook Sudah Mulai Tahap Uji Coba Fitur Cari Jodoh, Seperti Apa Ya?

Aly MansurAugust 4, 2018
Android P

Sudah Dekat! Ini Dia Jadwal Rilis Android P

Aly MansurAugust 4, 2018
WhatsApp Video Call Group

Asyik! Pengguna WhatsApp Sudah Bisa Video Call Lebih dari 2 Orang

Aly MansurJuly 31, 2018

shop giay nuthoi trang f5Responsive WordPress Themenha cap 4 nong thongiay cao gotgiay nu 2015mau biet thu deptoc dephouse beautifulgiay the thao nugiay luoi nu