Uncategorized

Ericsson Harus Siap Hadapi Tantangan Ini Jika Ingin Hadirkan 5G di Indonesia

Ericsson Harus Siap Hadapi Tantangan Ini Jika Ingin Hadirkan 5G di Indonesia

GadgetEmpire – Semenjak resmi dikomersialkan, jaringan 5G kini telah diadopsi dan mulai disebarluaskan di berbagai Negara, diantaranya yang sudah mulai menerapkan jaringan tercepat di Dunia saat ini adalah Amerika Serikat dan Korea Selatan. Akan tetapi, beberapa Negara termasuk salah satunya yakni Indonesia sekarang ini masih dalam tahap pengembangan atau uji coba jaringan 5G. Dalam pengujian jaringan baru ini, telah melibatkan beberapa operator untuk Internet of Things (IoT).

Dari sekian banyak perusahaan, Ericsson menjadi salah satu vendor yang paling berpengaruh terhadap pengadaan jaringan 5G di Indonesia kali ini. Akan tetapi untuk mendirikan jaringan baru tersebut bukanlah perkara yang mudah dilakukan di Tanah Air, salah satu tantangan terbesarnya yang harus dihadapi adalah ketersediaan spektrum. “Kalau kita lihat pita 5G, mungkin salah satu pita 5G yang paling populer di dunia adalah 3,5 GHz. Dan saat ini spektrum tersebut sedang digunakan oleh operator satelit,” seperti itulah yang dikatakan oleh President Director Ericsson Indonesia bernama Jerry Soper pada saat event Barcelona Unboxed Indonesia, di Jakarta, sebagaimana dilansir dari laman detikINET, Kamis (25/04/2019).

Kemudian dalam keterangannya lebih lanjut, Soper juga mengungkap kalau saat ini pihak pemerintah melalui perantara Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) tengah mengupayakan membebaskan spektrum band kelas menengah seperti 2,6 GHz atau 2,5 GHz agar bisa tersedia untuk dipakai jaringan 5G dengan kecepatan akses yang lebih tinggi. Dan ternyata masalah ketiadaannya spektrum ini bukan hanya dialami di Indonesia saja, melainkan sejumlah Negara lain juga demikian. Ketika spektrum ini sudah disediakan, maka operator lokal diperkirakan akan berlomba menjadi yang pertama menghadirkan jaringan 5G.

Dalam kesempatan yang sama, Soper juga yakin kalau ternyata produk milik Ericsson sudah ada yang dapat mendukung operator untuk berpindah ke jaringan 5G. Bukan cuman itu saja, melainkan perangkat sistem radio miliknya juga sudah didukung dengan teknologi jaringan internet tercepat di Dunia ini sejak tahun 2015 silam. “Ini juga bisa digunakan untuk 5G hanya dengan meng-install software secara remote dan membutuhkan waktu hanya 30 detik. Jadi radio yang kami kapalkan saat ini untuk 4G telah siap untuk 5G,” ungkapan Soper. Kemudian untuk target penyelesaian jaringan 5G ini yakni tahun 2020 atau paling lambat 2021 mendatang. Kita nantikan saja hasilnya.

Video Pilihan Gadget Empire Indonesia:

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Uncategorized

More in Uncategorized

Lei Jun

Mau ke Google, Petinggi Xiaomi Ini Mulai Berpamitan

Budi SulistyantoJuly 20, 2019
MediaTek S900

MediaTek Punya Chip Baru Untuk Bikin Smart TV Makin Berkelas

Budi SulistyantoJuly 16, 2019
Advan Super Brand Day with Shopee

Mulai Besok, Banyak Hadiah Menanti di Advan Super Brand Day

Budi SulistyantoJuly 7, 2019

Changhong Rilis TV Android Masa Kini di Indonesia, Harga Mulai Sejutaan

Budi SulistyantoJuly 1, 2019

Huawei Setingkat Lebih Baik Ketimbang Tahun Kemarin

Budi SulistyantoJune 20, 2019
MediaTek helio m70

Seperti Inilah Kehebatan Chip SoC 5G Besutan MediaTek

Budi SulistyantoJune 15, 2019

shop giay nuthoi trang f5Responsive WordPress Themenha cap 4 nong thongiay cao gotgiay nu 2015mau biet thu deptoc dephouse beautifulgiay the thao nugiay luoi nu