Drone

Drone Lebih Efektif Untuk Fotography Ketimbang Kamera Konvensional

Drone Lebih Efektif Untuk Fotography Ketimbang Kamera Konvensional

Gadget Empire – Bagi yang suka dengan fotography, apalagi yang memang profesinya sebagai fotografer tentunya sudah pada mengetahui bagaimana rasanya mengambil sebuah foto landscape yang indah. Ya, tidak ada jalan lain kecuali mendaki bukit atau gunung terlebih dahulu untuk mendapatkan hasil jepretan yang sempurna. Dan tentunya dibutuhkan waktu 2 sampai 5 jam bahkan lebih untuk berada di posisi bidikan yang benar-benar tepat. Terlebih dalam pendakiannya harus membawa kamera, lensa, tripod dan semacamnya, tentu ribet dan melelahkan banget. Terlebih ketika di puncak dirinya harus mengatur kamera agar sesuai dengan object yang hendak dibidik terlebih dahulu.

Akan tetapi seiring berkembangnya dunia teknologi, para fotografer sudah tidak perlu lagi repot-repot melakukan hal tersebut untuk mendapatkan hasil bidikan panorama alam yang memuaskan. Kini cukup terbangkan Drone saja, semuanya sudah bisa terjangkau. Pesawat tanpa awak ini bisa dikendalikan hanya dari sebuah remote controller dan ponsel pintar. Karena Drone juga dilengkapi dengan kamera, maka pengguna juga bisa mengambil dari angle manapun, meski medan ketinggian tersebut sulit untuk dilewati manusia sekalipun.

“Drone memberikan perspektif berbeda dalam dunia Fotografi. Seorang Fotografer pun kini tak perlu lagi menghabiskan waktu mendaki puncak untuk mendapatkan foto dari ketinggian. Cukup terbangkan drone saja dan ia bisa memotret hanya dengan alat tersebut.” Begitulah keterangan yang diberikan oleh Sigit Prasetyo, Fotografer Professional ketika menghadiri acara workshop Discover Aerial Photography di Native Coffe Tribe, Tangerang Selatan, Sabtu kemarin.

Selain itu, Ia juga mengungkap kalau perspektif gambar yang dihasilkan juga lebih kaya dan fotografer dapat mengambil gambar dari sudut manapun, sesuai dengan keinginan masing-masing. Dengan adanya teknologi seperti ini, maka fotografer bisa lebih kreatif untuk menghasilkan karya yang unik. Saking canggihnya, diklaim kalau fungsinya bisa menggantikan bahkan melampaui peran kamera konvensional yang selama ini banyak digunakan oleh para fotografer. Tidak hanya mampu digunakan untuk memotret pemandangan alam, melainkan landscape juga bisa dijepret dengan sempurna dengan Drone.

Disisi lain, Tito Rikardo yang merupakan salah satu fotografer profesional juga mengungkap kalau “Sebenarnya Jakarta itu sangat unik. Kalau dilihat dari ketinggian, perspektif kota begitu beragam. Bahkan, sebuah daerah yang kumuh pun bisa tampak cantik bila terlihat dari ketinggian.” Akan tetapi ada hal yang wajib diingat oleh para pilot Drone, yakni mengenai peraturan khusus tak tertulis di suatu daerah atau kota terkait zona larangan menerbangkan pesawat tanpa awak tersebut. “Kita sebagai pilot Drone, sebaiknya mencari info terlebih dahulu tentang wilayah yang akan dikunjungi. Apakah Drone dilarang terbang di wilayah tersebut atau tidak.”

Sumber productochinoc 2

Terlebih kini juga sudah tersedia Drone dengan kecepatan yang mencapai 72 KM/jam, yakni DJI Mavic 2 Pro dan Mavic 2 Zoom yang baru saja rilis di Indonesia. Tidak hanya memiliki kecepatan tinggi saja, pesawat tanpa awak ini juga bisa terbang selama 31 menit, jauh lebih lama ketimbang generasi sebelumnya yang hanya mampu bertahan 15-20 menit saja. Tidak lupa juga, teknologi kamera yang tertanam pada kedua Drone terbaru besutan DJI ini juga dibuat sebaik mungkin, semuanya sudah dilengkapi dengan fitur Hyperlapse dalam berbagai mode, Hyperlight yang cocok digunakan saat malam hari, sampai sensor yang terletak di berbagai sudut untuk menghindari objek yang menghalangi.

Sedangkan untuk DJI Mavic 2 Zoom juga sudah mendukung kemampuan Zooming lebih tinggi sehingga objek bisa tampak lebih dekat. Dan untuk setiap lensa kamera yang ditanamkan pada Mavic 2 Pro maupun Mavic 2 Zoom memiliki optical Zoom 24-48 mm sehingga mampu menangkap objek dari jarak jauh dengan sangat jelas.

Video Pilihan Gadget Empire Indonesia:

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Drone

More in Drone

DJI Smart Controller

Hanya Remote Control Drone, DJI Membanderolnya Rp 9 Juta

Budi SulistyantoJanuary 9, 2019
Samsung Drone

Samsung Ajukan Paten Untuk Drone dengan Desain yang Berbeda

Budi SulistyantoDecember 27, 2018

Meski Harga Drone Mahal Tapi Tetap Laris di Indonesia, Ternyata Ini Alasannya

Budi SulistyantoOctober 4, 2018
Mavic 2 Series

Resmi di Indonesia, Berikut Harga DJI Mavic 2 Pro dan Mavic 2 Zoom

Budi SulistyantoSeptember 27, 2018
Mavic 2 Series

DJI Resmi Rilis Duo Mavic 2 Series dengan Kamera Hassleblad, Harga Rp 17 Jutaan!

Budi SulistyantoAugust 26, 2018

Alasan Dibalik Berhentinya Proyek Drone Internet AQUILA Milik Facebook

Budi SulistyantoJune 28, 2018

shop giay nuthoi trang f5Responsive WordPress Themenha cap 4 nong thongiay cao gotgiay nu 2015mau biet thu deptoc dephouse beautifulgiay the thao nugiay luoi nu