Apple

Dirilis, Ternyata Kemampuan Chip A12 Bionic iPhone XR dan XS Series ‘Luar Biasa’

Dirilis, Ternyata Kemampuan Chip A12 Bionic iPhone XR dan XS Series ‘Luar Biasa’

Gadget Empire – Kemarin Apple secara resmi telah meluncurkan beberapa produk terbarunya, dan yang paling sukses menarik perhatian kalangan cukup banyak adalah kehadiran Trio Smartphone terbarunya yang bernama iPhone XS, iPhone XS Max dan iPhone XR. Walaupun untuk banderolan harganya cukup jauh berbeda, akan tetapi ketiga ponsel ini telah hadir dengan menggunakan komponen chip yang sama, yakni A12 Bionic yang dibuat dengan teknologi pemrosesan 7nm.

Pada chip terbarunya kali ini, Apple telah menyematkan teknologi bernama “Neural Engine” yang mana berfungsi untuk mengenali berbagai macam tugas teknologi kecerdasan buatan seperti FaceID dan juga animoji. A12 Bionic ini merupakan chip pertama yang dibuat dengan teknologi pemrosesan 7nm. Kemudian Huawei akan menyusulnya dengan Kirin 980, sebab pada awal bulan September lalu CEO Huawei sudah memastikan kalau Mate 20 series bakal menggunakan chip terbaiknya/Kirin 980.

Chip A12 Bionic ini memiliki 6 inti yang terdiri dari dua inti yang memiliki performa tinggi, sedangkan untuk keempat inti lainnya memiliki performa lebih rendah dan bergugas untuk menghemat daya baterai lebih tahan lama. Kemudian untuk chip ini juga telah didukung dengan GPU yang memiliki 4 inti berkemampuan tinggi. Bahkan GPU ini memiliki performa 2x lebih cepat jika dibandingkan dengan chip A11 Bionic yang resmi diluncurkan tahun lalu dan telah dihadirkan ada iPhone X, iPhone 8 dan iPhone 8 Plus.

iPhone XS

Sumber Image GHPARROTONLINE

Sebagaimana yang telah dikatakan oleh Juru Bicara Apple ketika konferensi persnya, Neural Engine merupakan sebuah unit 8 inti yang memiliki teknologi dukungan “Multiprecision” dan “sistem komputasi yang lebih pintar”. Bahkan, ia mengungkap kalau A11 bisa menangani 600 miliar opererasi per detik, maka chip A12 Bionic ini mampu menangani 5 Triliun operasi per detiknya. Dari sini kita sudah bisa mengetahui dengan jelas kalau performanya telah meningkat 800% lebih cepat.

Kesimpulannya adalah untuk Chip A12 Bionic ini benar-benar jauh lebih cepat jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya yang tertanam pada iPhone X dan iPhone 8 series. Selain itu, chip ini juga bisa menjalankan aplikasi yang menggunakan framework machine learning yang telah dikembangkan oleh Apple, Core ML dan banyak lagi lainnya. Bahkan iPhone XS dan kedua saudaranya ini memiliki performa 9x lebih cepat jika dibandingkan dengan chip Apple yang rilis tahun 2017 silam.

Video Pilihan Gadget Empire Indonesia:

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Apple

More in Apple

iOS 12 Update

iOS 12.01 Sudah Digulirkan, Tapi Masalah Ini Masih Tetap Ada di iPhone XS Series

Budi SulistyantoOctober 10, 2018
iPhone XS Max vs Samsung Galaxy Note 9

iPhone XS Series Vs Samsung Galaxy Note 9, Mana yang Lebih Cocok Untuk Dipilih?

Budi SulistyantoOctober 8, 2018
iPhone XR Back

iPhone XR Terlambat Masuk Pasar, Ini Kata Orang Dalam

Budi SulistyantoSeptember 27, 2018
iPhone XS and XS Max R

Sudah Mulai Tercium, Inikah Jadwal Rilis iPhone XS, XS Max dan XR di Indonesia?

Budi SulistyantoSeptember 26, 2018
iPhone XS and XS Max

Giliran iPhone XS Max yang Dapatkan Gelar Smartphone dengan Layar Terbaik

Budi SulistyantoSeptember 26, 2018
iPhone XS Series

Setelah Dibongkar, Baterai iPhone XS Terlihat Unik Banget

Budi SulistyantoSeptember 21, 2018
Apple Store Orchard Road Singapore

Unik! Pengantre iPhone XS di Singapura Malah dapet Gadget Gratis dari Huawei

Budi SulistyantoSeptember 21, 2018
Apple iPhone XS

Tampilan Mewah, Tapi Ada Komponen dari Limbah di iPhone XS, XS Max dan XR?

Budi SulistyantoSeptember 15, 2018
Apple Store front

Apple Pastikan Harga Produknya Makin Mahal

Budi SulistyantoSeptember 10, 2018

shop giay nuthoi trang f5Responsive WordPress Themenha cap 4 nong thongiay cao gotgiay nu 2015mau biet thu deptoc dephouse beautifulgiay the thao nugiay luoi nu