Uncategorized

Di Sidang DPR RI, Facebook Malah Tutupi Soal Kebocoran Data

Di Sidang DPR RI, Facebook Malah Tutupi Soal Kebocoran Data

Gadget Empire – Beberapa waktu yang lalu terjerat dengan masalah kebocoran data, kini Facebook telaah dipanggil ke Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) oleh Komisi I DPR I. pada RDPU yang dilaksanakan di Ruang Rapat Komisi I DPR RI, pada Selasa (17/04/2018), Facebook telah diwakili oleh Ruben Hattari, selaku Kepala Kebijakan Publik Facebook Indonesia dan Simon Milner, selaku Vice President of Public Policy Asia Pacific Facebook. Dalam kesempatan ini, Ruben Hattari yang mewakili Facebook jug menjelaskan terkait kronologi penyalahgunaan data 87 juta pengguna Facebook oleh Cambridge Analytica.

Bahkan, Ruben Hattari juga meyampaikan permintaan maafnya, serta menekankan bahwa tidak pernah ada kebocoran data dari sistem Facebook. “Penting untuk saya sampaikan tidak pernah terjadi kebocoran data dari sistem Facebook. Kejadian ini bukanlah kejadian di mana pihak ketiga menembus sistem Facebook atau berhasil lolos dari perangkat pengamanan data yang kami miliki,” tuturnya.  Ia juga menyebutkan bahwa kejadian yang terjadi pada data 87 pengguna ini telah memasang aplikasi “thisisyourdigitallife” selama tersedia di platform Facebook sejak November 2013 hingga 17 Desember 2015, dan saat ini aplikasi yang dimaksud sudah tak tersedia.

Sumber IDNTimes

Sumber IDNTimes

Mencapai 1,095 juta pengguna Facebook Indonesia sebagai teman dari 748 pengguna yang memasang aplikasi tersebut berpotensi datanya ikut diambil Cambridge Analytica. “Sehingga, total 1.096.666 orang Indonesia yang terkena dampak, atau 1,26 persen dari total jumlah orang yang terkena dampak secara global.”  Ruben juga sempat mengatakan, tidak pernah memberikan persetujuan untuk penggunaan data oleh Cambridge Analytica yang diperoleh dari aplikasi buatan Dr Aleksander Kogan tersebut.

“Keduanya bertindak sebagai pengendali data pihak ketiga yang independen dan menentukan tujuan dan cara memproses data yang mereka peroleh,” tutur Ruben. Sekarang ini, menurut Ruben, Facebook sedang memberikan peninjauan kembali atas platformnya untuk memastikan kembali data penggunanya, termasuk data pengguna Indonesia, terlindungi dan juga memastikan pelayanan yang berjalan sesuai dengan hukum berlaku. Sementara itu, akses aplikasi “thisisyourdigitallife” pada Facebook ini sudah dihentikan per 17 Desember 2015. “Dengan demikian, pengguna Facebook Indonesia tidak dapat mengakses aplikasi tersebut,” tutupnya.

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Uncategorized

More in Uncategorized

Huawei Setingkat Lebih Baik Ketimbang Tahun Kemarin

Budi SulistyantoJune 20, 2019
MediaTek helio m70

Seperti Inilah Kehebatan Chip SoC 5G Besutan MediaTek

Budi SulistyantoJune 15, 2019
Huawei CS

Konsekuensi Bagi Eropa Jika Ikut Blokir Huawei

Budi SulistyantoJune 9, 2019
Huawei Google

Huawei Ditekan AS, Google Membela?

Budi SulistyantoJune 7, 2019
Redmi K20 Pro color

Penjualan Perdana Smartphone Flagship Killer Redmi K20 Sukses

Budi SulistyantoJune 2, 2019
Monalisa can Speak

Tim Samsung Temukan Cara Ubah Foto Jadi Video Lebih Mudah

Budi SulistyantoMay 26, 2019

shop giay nuthoi trang f5Responsive WordPress Themenha cap 4 nong thongiay cao gotgiay nu 2015mau biet thu deptoc dephouse beautifulgiay the thao nugiay luoi nu