Android

Coba Yuk, Cara Mengoperasikan Android Hanya dengan Suara

Coba Yuk, Cara Mengoperasikan Android Hanya dengan Suara

Gadget Empire – Belum lama ini Google telah menghadirkan aplikasi Voice Access. Yang mana aplikasi ini memungkinkan pengguna ponsel Android bisa mengatur perangkatnya hanya dengan perintah suara saja. Sebagaimana yang dikatakan oleh Google bahwa perintah suara yang didukung oleh Voice Access sama seperti perintah suara yang disematkan pada speaker pintar Google Home.

Tujuan dihadirkannya layanan ini adalah untuk mempermudah pengguna perangkat Android yang memiliki keterbatasan seperti mereka yang tidak bisa menjalankan Smartphone menggunakan tangan atau jari, sehingga mereka tidak akan bingung lagi untuk menghubungi saudaranya. Pasalnya, Voice Access ini bisa digunakan untuk membuat pesan, berbicara ke Google Assistant, mengaktifkan sambungan Wi-Fi serta membuka aplikasi.

Pada saat pengguna hendak menjalankan sebuah aplikasi, pengguna hanya perlu mengucapkan kode tertentu saja sehingga Google akan mengenalinya dan membuka aplikasi yang kalian inginkan. Jika aplikasi yang diinginkan telah terbuka, maka pengguna akan melihat sebuah opsi tambahan yang memungkinkan pengguna bisa memerintahkannya untuk kembali ke layar Home hanya dengan mengatakan “Go Home”, sedangkan ketika pengguna ingin melanjutkan menggeser layar kebawah cukup mengucap “Scroll Forward”.

Selain itu, para pengguna juga akan lebih mudah menjalankan aplikasi berkat adanya layanan tersebut. Pasalnya, di sebelah ikon aplikasi telah tertera nomor khusus, sehingga kalau pengguna hendak membuka aplikasi seperti contoh aplikasi “Galeri” maka mereka hanya perlu mengucap “Nine” karena angka “9” menunjukkan aplikasi Galeri. Dengan begitu, layanan Voice Access akan membuka aplikasi tersebut sesuai perintah yang diterimanya. Jadi, pengguna bisa lebih mudah mengoperasikannya, karena selain mengucapkan nama aplikasi mereka juga bisa menyebutkan nomornya saja. Seperti inilah contoh tampilan nomor dari Voice Access.

Contoh Gambar Voice Access

Bukan hanya membuka aplikasi sesuai perintah, tetapi Voice Access ini juga memungkinkan pengguna untuk menutup aplikasi yang telah terbuka sebelumnya, bahkan layanan ini juga bisa menghapus kesalahan di perangkat serta masih banyak perintah lain yang biasanya membutuhkan sentuhan jari untuk bisa menjalankannya.

Meskipun memiliki kemampuan yang canggih, namun sayangnya layanan Voice Access ini masih mendukung bahasa inggris saja dan belum bisa mendeteksi bahasa Indonesia. Kendati demikian, Google dipastikan akan menambah bahasa lain ke layanannya tersebut supaya pengguna lebih mudah dan nyaman lagi untuk menikmatinya. Aplikasi Voice Access ini sendiri sudah bisa didapatkan para pengguna smartphone Android melalui toko aplikasi Play Store. Untuk melihat cara kerjanya lebih jelas simak video berikut.

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Android

More in Android

Spotify Premium

Update Besar Besaran Untuk Pelanggan Spotify Premium

Budy SulistiyantoOctober 20, 2018
Facebook Messenger

Facebook Messenger Bakal Punya Fitur Hapus Pesan Terkirim Juga, Ini Buktinya!

Budy SulistiyantoOctober 14, 2018
Instagram

Jelajahi Linimasa Instagram Jadi Begini, Setuju?

Budy SulistiyantoOctober 13, 2018
WhatsApp

Iklan Sudah Mulai Sambangi WhatsApp Android

Budy SulistiyantoOctober 9, 2018
Nokia Android Pie

4 Smartphone Nokia Ini Siap Terima Update Android Pie Mulai Bulan Ini!

Budy SulistiyantoOctober 6, 2018
WhatsApp Android

Pengguna Android Bisa Nonton YouTube Langsung di WhatsApp

Budy SulistiyantoOctober 5, 2018

Samsung Internet Browser Dapatkan Update, Tawarkan Fitur Baru dan Performa Lebih Optimal

Budy SulistiyantoSeptember 16, 2018
MIUI 10 New Interface

MIUI 10 Global Stable ROM Mulai Digulirkan

Budy SulistiyantoSeptember 16, 2018
Huawei EMUI 9

Hanya Ada 1 yang Sudah Final, Berikut Daftar HP Huawei yang Sudah Bisa Install EMUI 9

Budy SulistiyantoSeptember 2, 2018

shop giay nuthoi trang f5Responsive WordPress Themenha cap 4 nong thongiay cao gotgiay nu 2015mau biet thu deptoc dephouse beautifulgiay the thao nugiay luoi nu