Smartphone

Bulan Depan Sudah Tidak Bisa Beli Smartphone di Luar Negeri?

Bulan Depan Sudah Tidak Bisa Beli Smartphone di Luar Negeri?

GadgetEmpire – Walaupun masih baru akan diresmikan bulan depan, akan tetapi sebagian besar masyarakat sudah pada khawatir, dikarenakan mereka tidak dapat membeli Smartphone yang diincarnya lagi dengan bebas. Ini berkaitan dengan legalitas ponsel, dimana perangkat yang tidak terdaftar di Kemenperin akan dilakukan pemblokiran jaringan. 3 Kementerian Indonesia akan terjun melancarkan rencana ini, diantaranya yakni Kemenperin, Kemkominfo, dan juga Kemendag. Masing-masing memiliki tugas sendiri untuk membasmi peredaran Posel Black Market di Indonesia.

Salah satu yang menjadi pertanyaan masyarakat yakni, apakah mereka masih bisa membeli Smartphone dari luar negeri ketika Validasi IMEI sudah mulai diberlakukan pada tanggal 17 Agustus 2019 mendatang? Pasalnya, para reviewer terutama, mereka pastinya akan memutuskan untuk membeli terlebih dahulu dari Negara yang menyediakan sebelum perangkat itu hadir di Indonesia secara resmi guna menggaet penonton yang lebih banyak.

Berkenaan dengan hal tersebut, media detikINET telah melakukan wawancara terhadap Kementerian Perindustrian. Janu Suryanto selaku Direktur Industri Elektronika dan Telematika Kemenperin telah mengatakan kalau aturan ponsel yang dibeli di Luar Negeri ini belum final alias masih dalam pembahasan sebelum ditetapkan pada HUT Kemerdekaan Indonesia. “Itu masih digodok. Kemarin pak Rudiantara (Menkominfo) bilang ‘sudah nggak usah beli barang di luar negeri, beli barang di Indonesia’. Pajaknya kan di Indonesia juga jadinya. Jadi, (regulasi terkait beli ponsel di luar negeri) masih digodok,” seperti itulah katanya ketika ditemui di kantornya, Gedung Kemenperin, Rabu (10 Juli 2019) sebagaimana dilansir dari detikINET.

Akan tetapi yang jelas, pemerintah berharap dengan adanya peraturan baru ini pemberantasan Ponsel Black Market di Indonesia bisa berhasil. Dikarenakan peredaran ponsel BM ini tentu akan merugikan pajak Negara serta masyarakat itu sendiri, dikarenakan mereka tidak dapat pelayanan maksimal dari produk yang telah dibelinya. Dikarenakan ini masih dalam tahap penggodokan, maka bisa jadi kalau Pemerintah memberikan kelonggaran terhadap kalangan tertentu, sehingga bisa membeli ponsel idamannya di Luar Negeri. Namun dengan syarat, yakni melaporkannya ke pihak pemerintah terlebih dahulu untuk melegalkan perangkat itu di Indonesia.

Video Pilihan Gadget Empire Indonesia:

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Smartphone

More in Smartphone

OPPO Reno with Box

Melihat Kesuksesan Penjualan OPPO Reno di Indonesia

Budi SulistyantoJuly 21, 2019
Vivo V15 Pro dan Box Penjualan

Benarkah Produksi Vivo V15 Series Dihentikan?

Budi SulistyantoJuly 21, 2019
OPPO Reno JRE

Seperti Inilah Hasil Ketika OPPO Reno Diuji Ketahanannya

Budi SulistyantoJuly 20, 2019
Realme X Triple

Tak Sengaja Terungkap, Seginikah Harga Realme X di Indonesia?

Budi SulistyantoJuly 19, 2019
OPPO Reno 10X Zoom Edition

OPPO Reno 10X Zoom Jadi Smartphone dengan Kamera Paling Canggih?

Budi SulistyantoJuly 19, 2019
Redmi k20 Pro Signature Edition

Casing Terbuat dari Emas, Harga Redmi K20 Menjadi Segini

Budi SulistyantoJuly 18, 2019

shop giay nuthoi trang f5Responsive WordPress Themenha cap 4 nong thongiay cao gotgiay nu 2015mau biet thu deptoc dephouse beautifulgiay the thao nugiay luoi nu