Uncategorized

Bukan Wireless Fidelity, Seperti Inilah Sejarah Terciptanya Nama Wi-Fi

Bukan Wireless Fidelity, Seperti Inilah Sejarah Terciptanya Nama Wi-Fi

Gadget Empire – Bagi sebagian besar kalangan tentunya sudah tidak asing lagi bukan mengenai nama WiFi? Seringkali di sebutkan, akan tetapi apakah kalian mengetahui apa sebenarnya arti kata dari singkatan tersebut dan bagaimana rangkaian proses terciptanya penamaan tersebut? Ya, mungkin beberapa kalangan akan menjawab kalau nama WiFi berasal dari kata “Wireless Fidelity”. Namun jika dilihat dari sejarahnya jawaban tersebut sepertinya kurang tepat.

Perlu diketahui bahwa untuk WiFi ini pertama kali ditemukan oleh Lembaga sertifikasi jaringan AS bernama Wireless Ethernet Compatibility Alliance alias WECA pada tahun 1999 silam di Atlanta. WiFi sebenarnya telah diperkenalkan dengan merk IEEE 802.11b Direct Squnce yang digunakan pada produk “Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE) 802.11”. Dikarenakan penamaan yang dibawa ini sangat sulit diucap, pada akhirnya pihak WECA memilih nama Wi-Fi yang lebih mudah disebut dan enak di dengar pula.

Namun ternyata perusahaan memilih nama Wi-Fi ini sendiri merupakan plesetan dari Hi-Fi (High Fedelity), bahkan untuk memperkenalkannya lebih luas perusahaan juga dengan sembarangan mengunggah slogan iklan dengan tagline “The Standar for Wireless Fidelity” dalam waktu yang tidak lama. Akan tetapi ternyata banyak kalangan yang salah paham dan memiliki pemikiran kalau WiFi memiliki nama panjang Wireless Fidelity. Padahal, pada kenyataannya WiFi tidak mengandung arti atau kepanjangan apapun.

Menanggapi hal ini pimpinan WECA telah mengatakan kalau “Wi-Fi tidak berarti apa pun. Itu bukan akronim. Tidak ada artinya, dan istilah (Wireless Fidelity) harus dilenyapkan,” dikarenakan memang susah untuk merubah pemikiran masyarakat luas, akhirnya WECA berubah nama menjadi Wi-Fi Alliance pada tahun 2002 dan lembaga ini memiliki misi untuk menyertifikasi teknologi WiFi yang digunakan secara global.

Bahkan untuk logo-nya sendiri ini pada awalnya hanya berfungsi sebagai cap persetujuan yang diberikan untuk produk dari anggota WECA yang telah berhasil menyelesaikan pengujian inter-operabilitas setelah sukses memenuhi berbagai persyaratan yang telah ditentukan, namun sekarang sudah digunakan untuk publik dan bahkan logo ini juga bisa ditemui dimana-mana. Memang sederhana, logo Wi-Fi hanya di desain dengan warna monokrom yang mirip dengan simbol Ying dan Yang, namun saat ini sudah melegenda di semua kalangan. Jadi kesimpulannya, sampai saat ini nama Wi-Fi ini tidak ada artinya ya guys, bahkan pihak perusahaan sekalipun.

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Uncategorized

More in Uncategorized

Coocaa 50S5G View

TV 4K 50 Inch Berbasis Android Ini Hanya Dijual Rp 6 Jutaan Loh, Mau?

Aly MansurAugust 2, 2018
OPPO F9

Sudah Dapatkan Sertifikasi Bluetooth, OPPO F9 Akan Diresmikan Bulan Depan?

Aly MansurJuly 22, 2018

Budy SulistiyantoJune 24, 2018

Melalui Akun Instagram Resmi Miliknya, Jokowi Mengaku Lupa Ulang Tahunnya

Aly MansurJune 21, 2018

Sikap Industri Perbankan Dalam Menghadapi Dunia Digital, Siapa Paling Unggul?

Aly MansurJune 8, 2018

Ikut Bersihkan Medsos! Segera Laporkan Kesini Jika Temukan Konten Negatif

Aly MansurMay 14, 2018

Stop! Jangan Sebar Foto Korban Bom Surabaya di Media Sosial Manapun

Aly MansurMay 13, 2018

Harga Xiaomi Mi 7 Bocor, Lebih Mahal dari Mi Mix 2S?

Aly MansurMay 6, 2018

Ternyata! Ini Dia Masalah yang Menjadi Penyebab Lambatnya Perkembangan Internet Indonesia

Aly MansurMay 5, 2018

shop giay nuthoi trang f5Responsive WordPress Themenha cap 4 nong thongiay cao gotgiay nu 2015mau biet thu deptoc dephouse beautifulgiay the thao nugiay luoi nu