Android

Awas! Format Foto PNG Ternyata Bahaya Untuk Pengguna Android

Awas! Format Foto PNG Ternyata Bahaya Untuk Pengguna Android

Gadget Empire – Format gambar PNG sering kali ditemukan ketika kita mengunduh file dari internet, atau mungkin menerimanya dari teman melalui layanan pesan instant maupun e-mail. Hasil gambar dalam format ini sih sebenarnya bagus, akan tetapi berdasarkan informasi terbaru yang beredar luas belum lama ini sepertinya malah membuat mimpi buruk bagi para pengguna Android. Pasalnya, mereka harus berhati-hati dan waspada jika menerima gambar dalam format ini karena Google telah mengungkap adanya kerentanan sistem operasi Android Nougat hingga Pie.

Untuk bug yang ini sebenarnya sudah ditemukan sejak sebulan lalu, akan tetapi baru dipublikasikan kemarin. Celah keamanan yang terdapat pada Sistem operasi Android baru ini memungkinkan para peretas untuk menjalankan kode di Smartphone maupun tablet Android setelah pengguna menerima dan membuka gambar berformat PNG yang mana telah dirancang khusus untuk merusak sistem. Disini penggunanya tidak menyadari, kalau hanya dengan melihat gambar itu saja dapat membukakan jalan kepada peretas untuk menyerang ponsel pengguna dari jarak jauh.

“Kerentanan keamanan di dalam Framework memungkinkan peretas menggunakan file PNG yang didesain menjalankan kode arbitrari untuk proses tertentu,” seperti itulah keterangan yang disampaikan oleh Google dalam buletin Android Security bulan Februari 2019. Untuk eksekusi kode arbitrari ini sendiri dalam sistem keamanan komputer bisa diartikan sebagai kemampuan peretas dalam mengeksekusi perintah atau kode arbiter pada perangkat yang telah menjadi targetnya, dimana dalam permasalahan ini yang menjadi target adalah Smartphone Android.

Dan tentu saja untuk eksekusi kode jarak jauh ini mempengaruhi beberapa bagian dalam sistem operasi itu sendiri, seperti halnya pustaka Android, sistem file dan juga komponen Nvidia. Disisi lain, pihak Google sekalipun juga tidak mau berkomentar lebih banyak tentang permasalahan tersebut, dan tidak diketahui pula apa saja yang telah diperoleh peretas dalam aksi pemanfaat celah yang terjadi di Android Nougat, Oreo dan Pie ini. “Kami belum mendapatkan laporan dari eksploitasi atau pelanggaran pengguna aktif akibat masalah ini,” begitulah ungkap Google sebagaimana yang diulas oleh BGR.

Jadi, pengguna ketiga sistem operasi Android yang dimaksud tersebut harap berhati hati saja ketika menerima gambar dalam format PNG, sebab untuk permasalahan ini tidak bisa dirasakan secara langsung, begitu juga dengan dampaknya. Google mengungkap kalau kode untuk memperbaiki masalah ini sudah diluncurkan ke repositori Android Open Source Project (AOSP). Dengan begitu, pengguna disarankan untuk segera melakukan update setelah muncul notifikasi untuk memperkecil kemungkinan terjadinya permasalahan tersebut.

Video Pilihan Gadget Empire Indonesia:

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Android

More in Android

Huawei Smartphone Tes

Google Hentikan Kerjasama, Seperti Apakah Nasib Smartphone Huawei?

Budi SulistyantoMay 20, 2019
Android Q Phone

Xiaomi Umumkan 2 Smartphone Pertamanya yang Kebagian Android Q

Budi SulistyantoMay 12, 2019
Android Q

Android Q Bakal Adopsi Fitur Khas iPhone Ini?

Budi SulistyantoApril 7, 2019
Fuchsia Android

Jangan Khawatir! OS Masa Depan Google Masih Dukung Aplikasi Android

Budi SulistyantoJanuary 3, 2019
Aplikasi Google

Pakai Aplikasi Google Ini, Browsing Makin Lancar dan Hemat Internet

Budi SulistyantoDecember 5, 2018

3 Smartphone ASUS Zenfone 5 Series Ini Segera Dapat Update Android Pie

Budi SulistyantoNovember 22, 2018

shop giay nuthoi trang f5Responsive WordPress Themenha cap 4 nong thongiay cao gotgiay nu 2015mau biet thu deptoc dephouse beautifulgiay the thao nugiay luoi nu