Android

Android Q Bakal Adopsi Fitur Khas iPhone Ini?

Android Q Bakal Adopsi Fitur Khas iPhone Ini?

GadgetEmpire – Perangkat Smartphone iPhone memang terkesan begitu spesial di mata konsumen, karena memang sederet ponsel besutan Apple ini hadir secara eksklusif, dan tentu saja tidak ada yang dapat menyamainya, beberapa teknologi dan komponen yang digunakan terasa hanya dimiliki oleh iPhone saja. Akan tetapi dengan cara dan metode lain, beberapa vendor kini mencoba mengikuti dan terus mengembangkan teknologi yang sudah dipakai oleh iPhone sebelumnya. Seperti Samsung misalnya, dimana vendor asal Korea Selatan ini telah menciptakan dan mengembangkan teknologi pemindai wajah 3D untuk kebutuhan AR, maupun pemindaian wajah guna sistem keamanan.

Dan kini sepertinya yang bakal menjiplak inovasi milik Apple adalah Google, melalui sistem operasi terbarunya. Belum lama ini dikabarkan kalau Android Q, bakal dilengkapi dengan fitur mirip 3D Touch yang mana telah digunakan Apple sejak tahun 2015 melalui iPhone 6S. Informasi ini menyeruak dikarenakan adanya dokumen bernama “MotionEvent” yang mana ditujukan untuk para pengembang aplikasi. Perlu diketahui bahwa untuk MotionEvent ini merupakan dokumen yang menjelaskan fungsi masukan perangkat Android dari layar sentuh maupun stylus.

3d Touch Android

Sumber Image GSMArena

Melalui dokumen MotionEvent ini, telah dijelaskan kalau sistem operasi Android Q ini nantinya mampu merespon input pada permukaan layar dengan cara yang berbeda, ketika pengguna menekan jari ke layarnya dengan lebih kuat, bukan sekedar menyentuh maupun mengusap saja. Nah, untuk tekanan yang lebih kuat ini telah dinamakan sebagai “Deep Press”. Jadi, pada saat pengguna menekan layar dengan lebih kuat, perangkat akan memberikan respon yang sama ketika pengguna menekannya untuk beberapa lama/ long press. Kalau long press ini memerlukan waktu yang cukup lama untuk menampilkan opsi lanjutan, namun dengan deep press ini pengguna dapat memunculkan opsi lebih cepat.

Akan tetapi untuk fitur baru yang bakal dihadirkan oleh Google melalui Android Q ini masih belum secanggih fitur 3D Touch pada Smartphone iPhone. Pasalnya, fungsi dari Deep Press ini hanya sebatas itu saja, beda dengan teknologi milik Apple yang bisa mendeteksi seberapa kuat tekanan yang diberikan oleh pengguna untuk melakukan hal-hal berbeda, “ringan”, “sedang”, “kuat”. Dan tentu saja, Apple untuk menyempurnakan teknologi itu juga didukung dengan panel layar ponsel yang dipakai. Lantas, mampukah fitur baru dari Google ini berjalan baik di ponsel Android? Kita tunggu saja, dan ada kemungkinan kalau fitur ini akan dimumkan dalam Google I/O di San Fransisco, Amerika Serikat, tanggal 7 hingga 9 Mei 2019 mendatang.

Video Pilihan Gadget Empire Indonesia:

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Android

More in Android

Huawei Smartphone Tes

Google Hentikan Kerjasama, Seperti Apakah Nasib Smartphone Huawei?

Budi SulistyantoMay 20, 2019
Android Q Phone

Xiaomi Umumkan 2 Smartphone Pertamanya yang Kebagian Android Q

Budi SulistyantoMay 12, 2019
Android BOT

Awas! Format Foto PNG Ternyata Bahaya Untuk Pengguna Android

Budi SulistyantoFebruary 10, 2019
Fuchsia Android

Jangan Khawatir! OS Masa Depan Google Masih Dukung Aplikasi Android

Budi SulistyantoJanuary 3, 2019
Aplikasi Google

Pakai Aplikasi Google Ini, Browsing Makin Lancar dan Hemat Internet

Budi SulistyantoDecember 5, 2018

3 Smartphone ASUS Zenfone 5 Series Ini Segera Dapat Update Android Pie

Budi SulistyantoNovember 22, 2018

shop giay nuthoi trang f5Responsive WordPress Themenha cap 4 nong thongiay cao gotgiay nu 2015mau biet thu deptoc dephouse beautifulgiay the thao nugiay luoi nu