Softwares

5 Emoji yang Sempat Gegerkan Publik, Ada yang Pernah Kalian Coba?

5 Emoji yang Sempat Gegerkan Publik, Ada yang Pernah Kalian Coba?

Gadget Empire – Emoji adalah icon yang sangat cocok untuk mewakili peasaan seseorang ketika melakukan komunikasi melalui aplikasi chatting yang telah disediakan di Play Store maupun iTunes. Banyak kalangan yang mengatakan rasanya akan hambar jika chatting tidak disertai dengan emoji ini. Oleh karena itulah pihak pengembang terus melakukan pembaruan dan memberikan bentuk-bentuk karakter baru mulai dari ekspresi wajah, hewan, bangunan, tempat, kendaraan, dan simbol-simbol tertentu.

Akan tetapi ternyata pemikiran dari seorang pengembang dengan para penggunanya ada yang tidak sesuai, seperti 5 bentuk emoji yang sempat menjadi bahan kontroversial ini contohnya. Kira-kira apa saja ya? Berikut ulasan selengkapnya.

  1. Emoji Burger Milik Google

Sumber OkeZone

Percaya atau tidak memang emoticon Burger ini sempat menjadi bahan permasalahan yang cukup serius hanya dikarenakan masalah yang sebenarnya tidak begitu berpengaruh, yaitu peletakan keju di bawah daging patty. Setelah beberapa kalangan melakukan protes di layanan sosial media Twitter terhadap Google, akhirnya Sundari Pichai selaku menjabat sebagai CEO raksasa pencarian itu telah berkomentar dan segera melakukan perbaikan dari kesalahan tersebut. Dan tata letak yang paling benar serta diterapkan pada bentuk burger saat ini yaitu keju berada di bagian atas daging patty.

  1. Emoji Wajah Kuning

Untuk bentuk emoji wajah kuning ini sebenarnya ada di perangkat Android maupun iOS, akan tetapi yang telah kena protes adalah emoji di perangkat Apple. Sebagian besar masyarakat Asia telah memprotes kalau hal ini merupakan tindakan rasisme. Mereka telah mengeluh karena warna kuning yang terdapat pada emoji tersebut terlalu kuning untuk warna kulit orang Asia.

Bahkan, beberapa pengguna Weibo juga telah menyebutkan kalau warna kuning yang digunakan ini membuat wajah orang tampak seperti penderita penyakit kuning. Akan tetapi pihak Apple memiliki alasan untuk memberikan warna tersebut, yakni warna kuning cukup populer untuk smiley emoji.

  1. Emoji Terong

Sumber Twitter

Memang para pencipta tidak ada niat untuk berpikiran aneh-aneh dikarenakan emoji ini diciptakn sebagai salah satu sayur yang menyehatkan. Akan tetapi permasalahannya yakni emoji ini seringkali digunakan oleh pengguna sebagai lambang penis. Dan pada akhirnya untuk emoji ini resmi dilarang di layanan Instagram sejak tahun 2015 silam bersamaan dengan hashtag #eggplant dan #eggplantfriday.

  1. Kursi Roda

Sumber TribunNews

Memang sih pada awalnya yakni pada tahun 1968, orang yang tengah berada di kursi roda diposisikan secara tegak. Akan tetapi entah kenapa ada pembaruan sehingga orang yang berada di kursi roda terlihat tengah duduk dan condong kedepan seperti akan terjatuh. Dengan begitu emoji ini telah dianggap kontroversi di sebagian besar Negara sehingga emoji itu di banned di wilayah tertentu sebab dinilai sebagai salah satu tindakan yang diskriminatif terhadap beberapa orang yang menyandang keterbatasan.

  1. LGBT Milik Apple

Sumber LGBT

Sebagian besar Negara telah melarang pernikahan sejenis atau biasa disebut dengan pernikahan LGBT. Oleh karena itulah emoji LGBT yang sempat di hadirkan oleh Apple ini sempat menjadi kontroversi. Salah satu Negara yang melakukan protes keras terhadap perusahaan asal Amerika Serikat tersebut adalah Rusia, Negara ini telah melarang keras hal-hal yang berbau LGBT.

Terlebih, perusahaan Apple juga bisa di denda sebesar 1 juta rubel atau setara dengan Rp 214 jutaan kalau memang telah terbukti melakukan kesalahan propaganda dengan menggunakan emoji tersebut. Tidak hanya itu saja, emoji ini sendiri juga sempat menjadi permasalahan di Indonesia loh.

Itulah 5 emoji yang sempat menjadi bahan kontroversial, mungkin kalian pernah menggunakan salah satu dari kelima emoji tersebut? Berikan komentar jika ada pendapat, atau mungkin emoji lainnya yang menjadi bahan kontroversi.

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Softwares

More in Softwares

Kaizala

Aplikasi Pesaing WhatsApp Besutan Microsoft Ini Siap Rilis di Indonesia

Budi SulistyantoDecember 13, 2018
PUBG PS4

Resmi di PS4, PUBG Hadirkan Map Baru dan Item Eksklusif Untuk Para Pemain

Budi SulistyantoDecember 9, 2018
Twitter Lite

Salah Satu Jalan Twitter Jangkau Pengguna Indonesia Lebih Banyak

Budi SulistyantoDecember 5, 2018
Aplikasi Google

Pakai Aplikasi Google Ini, Browsing Makin Lancar dan Hemat Internet

Budi SulistyantoDecember 5, 2018
Microsoft New Icon

Ikon Aplikasi Microsoft Dirombak, Tampak Lebih Fresh dan Modern

Budi SulistyantoDecember 1, 2018
Fortnite

Game Fortnite Semakin Digemari, Seperti Inilah Perkembangannya

Budi SulistyantoDecember 1, 2018
Google Maps Review

Kini Pengguna Google Maps Bisa Lebih Mudah Mencari Tempat Rekomendasi dengan Hashtag

Budi SulistyantoNovember 29, 2018
Windows 10 1809

Jangan Update Dahulu! Bug Windows 10 Ini Bikin Pemutar Video Bermasalah

Budi SulistyantoNovember 27, 2018
OVO GOC

Beli Voucher Game Makin Mudah dengan OVO

Budi SulistyantoNovember 24, 2018

shop giay nuthoi trang f5Responsive WordPress Themenha cap 4 nong thongiay cao gotgiay nu 2015mau biet thu deptoc dephouse beautifulgiay the thao nugiay luoi nu